10 Senjata Andalan Kopaska

YOGYA (KRJogja.com) – Komando Pasukan Katak (Kopaska) adalah salahsatu pasukan khusus yang dimiliki TNI Angkatan Laut (TNI AL). Sebagai pasukan khusus, tentu dibekali persenjataan yang mumpuni.

Setidaknya itu yang bisa disaksikan dari pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) bertajuk Independece Day Military Expo 2016 yang berlangsung di Jogja City Mall (JCM) 15-17 Agustus. Kapten Wahyu, penjaga stand Kopaska menuturkan Kopaska merupakan pasukan khusus yang memiliki spesialiasi di air. Namun demikian, memiliki kemampuan di zona lainnya juga.

Karena itu senjata yang digunakan tidak melulu yang sesuai dengan air. KRjogja.com berkesempatan untuk mengulas 10 senjata Kopaska yang dipamerkan di Independence Day Military Expo 2016.

 1. Steyr AUG

Merupakan senjata buatan Austria yang merupakan senapan serbu dengan menggunakan desain bullup dan membuatnya terlihat lebih pendek dari senanpan lainnya. Senjata ini biasanya digunakan para personel Kopaska untuk

operasi dalam ruang sempit dan pendek. Senjata dengan kaliber 5,56mm ini memiliki daya jangkau yang efektif sekitar 450-500m.

2. MP5

 

 

 

 

 

 

Merupakan senjata keluargan Heckler & Koch (HK) yang memiliki panjang 680 mm serta kaliber 9mm. Senjata ini jugamemiliki daya jangkau tembak 200m. MP 5 merupakan senjata yang dibuat oleh Jerman dan memiliki keistimewan bagi para personel Kopaska saat melakukan operasi. Senjata ini juga digunakan oleh satuan anti teroris di Jerman.

3.    M4

M4 Carbine Merupakan senapan serbu buatan Amerika yang dirancang sepert M16 namun lebih pendek. Senapan pendek dan ringan ini juga menjadi andalan bagi personel Kopaska dalam menangani serangkaian operasi karena

sangat ideal bagi pasukan khusus ini. M4 sendiri memiliki kaliber 5,56mm dan daya jangkau 300m.

4.    M16 Grenade Launcher

 

Sebuah senjata tembak sekaligus mampu melontarkan granat lebih jauh dan akurat daripada lemparan tangan seorang prajurit. Senjata buata Amerika ini mampu membantu Kopaska dalam operasi yang berada di luar maupun

dalam ruangan. Dengan memiliki kaliber 5,56 dan daya jangkau yang cukup jauh, senjata ini mampu menggempur musuh saat operasi.

5.    K7 Daewoo

Merupakan senjata Sub Machine Gun yang memiliki sistem peredam sehingga tingkat kebisingannya rendah. Ketika melakukan operasi, para personel Kopaska dapat dengan mudah menyelinap dan menyerang musuh. Senjata serbu yang memiliki kaliber 9 mm ini merupakan senjata buatan Korea Selatan.

6.    Bul G Cherokee

Merupakan pistol semi-otomatis yang dibuat oleh Israel dan memiliki kaliber 9mm. Senjata ini dibuat untuk penyerangan taktis yang dilakukan oleh para tentara terutama personel Kopaska. Dengan tampilan yang futuristic, senjata ini sangat mumpuni dalam membatu operasi.

7.    MP9

Senjata ini merupakan senjata yang palin efektif bagi pasukan taktis seperti Kopaska. Dengan mengadopsi penampilan yang minimalis, senjata ini masih bisa diperlakukan seperti pistol namun terlihat seperti Sub Machine Gun. Senjata buatan Swiss ini memiliki kaliber 9mm dan memiliki daya jangkau yang cukup jauh.

8.    APS

 

Senjata yang sangat sesuai dengan Kopasaka ini merupakan senjata buatan Rusia yang memiliki kelebihan khusus. APS Call sendiri merupakan senjata yang khusus untuk menembak di dalam air. Dengan memiliki kaliber 5,66mm dan desain yang runcing, APS Call mampu menembakan kalibernya menembus kepadatan air.

9.    M 93 Black Arrow

Merupakan senapan yang dirancang sebagai alat anti material. Dalam penggunaannya, M 93 Black Arrow ini biasa digunakan oleh Kopaska saat menyerang kapal musuh dari arah yang sangat jauh. Senjata buatan Serbia ini memiliki kaliber 12,7 mm dan daya jangkau sejauh 1.600m.

10.    Corner Shot

Sebuah senjata yang dirancang khusus oleh Israel yang dimana ujung dari senjata ini bisa dibengkokan ke kanan dan ke kiri sehingga memudahkan saat penyerangan dalam ruangan. Dengan memiliki sebuah kamera di ujungnya serta lcd di samping, senjata ini sangat memberikan keuntungan bagi penggunannya terutama Kopaska. Memiliki kaliber 9mm dan daya jangkau 100-200m, senjata ini sangat membantu kopaska dalam melakukan operasi taktis. (Muhammad Akbar Samudra)

 

BERITA REKOMENDASI