10 Universitas DIY Teken Kerjasama Forum Arsitektur Istimewa

SLEMAN, KRJOGJA.com – 10 Universitas di DIY meneken perpanjangan kerjasama dalam forum komunikasi pendidikan arsitektur istimewa Yogyakarta, Kamis (16/1/2020). Forum yang sebenarnya telah dilakukan sejak tiga tahun lalu ini menjadi pionir di Indonesia mengingat daerah lain belum memiliki forum komunikasi serupa di DIY. 

UII, UKDW, UAJY, UTY, Universitas Widyamataram, Sekolah Tinggi Arsitektur YKPN, UNISA, Amikom, UPY dan UGM ikut terlibat dalam forum tersebut. Kerjasama penelitian dan pengabdian serta penguatan kegiatan kemahasiswaan menjadi agenda bersama dalam ikatan MoU 3 tahun kedepan. 

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY Ahmad Syaifudin Mutaqi mengungkap forum yang diberinama Forum Paijo tersebut ditujukan sebagai media komunikasi antar universitas dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang arsitektur. Menurut dia IAI sebagai induk organisasi arsitek di Indonesia memiliki konsern untuk membantu perguruan tinggi dalam memastikan Peningkatan kapasitas arsitek baik kuantitas maupun kualitas di Indonesia. 

“Forum ini jadi tempat komunikasi bersama, ada agenda apa atau kampus butuh bantuan apa satu sama lain dalam kaitan dengan arsitektur. Beberapa perguruan tinggi sedang mengupayakan pendidikan profesi arsitektur dan forum ini bisa jadi ruang saling melengkapi,” ungkapnya usai penandatanganan kerjasama di kampus terpadu UII. 

Sementara Sekretaris IAI Pusat Deni Setiawan melempar apresiasi dengan adanya forum perguruan tinggi (Forum Paijo) di DIY. Menurut dia, forum tersebut menjadi pionir di Indonesia yang seharusnya juga diikuti daerah-daerah lain. 

“Di Jakarta belum ada, padahal idealnya di setiap provinsi ada. Forum seperti ini jadi langkah strategis untuk mengembangkan SDM arsitektur lebih baik lagi kedepan. Tentu kita ingin jadi tuan rumah di negeri sendiri dan cara terbaik adalah mempersiapkan dan memaksimalkan sumber daya manusia yang kita miliki,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI