1000 Hari Pertama Bayi Sangat Penting, Ini yang Harus Dilakukan Para Ibu

YOGYA, KRJOGJA.com – 1000 Hari Pertama Kehidupan buah hati adalah masa yang berharga dan tidak akan terulang kembali. Namun, masih banyak orangtua khususnya para ibu yang tidak tahu harus melakukan hal penting apa dalam melewati proses 1000 hari pertama tersebut, yang tak jarang membuat penyesalan seumur hidup.

dr. Edo Raditya, Sp.OG, selaku dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Lulusan dari Universitas Samratulangi Manado sekaligus Pemilik dan Wakil Direktur Pelayanan Medis di RSU Griya Mahardika Yogyakarta mengatakan sebelum terjadinya proses 1000 hari pertama, para orangtua terlebih dahulu melewati tahapan persiapan saat kehamilan terjadi. Saat itu, nutrisi ibu hamil memegang peranan penting untuk memastikan sel bayi berkembang sehat.

“Sebelumnya, saat pembuahan ayah dan ibu juga harus punya nutrisi baik, yakni penting mengkonsumsi asam folat. Setelah proses kehamilan, ibu pun harus tetap mengkonsumsi nutrisi tepat agar bayi berkembang sehat, paling tidak 400–600 mikrogram asam folat setiap hari,” ungkapnya dalam Kapanye Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS) di Harper Hotel Sabtu (13/10/2018).

Terkait 1000 hari pertama kehidupan menurut dr Edo, ibu tetap membutuhkan nutrisi asam folat yakni 500 mikrogram setiap hari untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Sumber asam folat menurut dia bisa diperoleh dari sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan jeruk.

“Yang tak kalah penting adalah Kalsium untuk membentuk tulang janin dan menjaga massa tulang ibu menyusui, juga zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan. Ini sangat penting untuk diperhatikan para ibu karena periode tersebut tidak bisa diulang kembali,” ungkapnya lagi.

Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition menambahkan pihaknya memiliki konsern untuk mendukung Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat). Seminar dan edukasi diadakan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung dengan target mengedukasi ribuan Bunda hamil dan menyusui mengenai pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis Bunda selama 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil.

“Ini sejalan dengan visi dan misi Kalbe Blackmores Nutrition yaitu menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik, kami mengadakan rangkaian edukasi yang menyeluruh melalui kegiatan Bunda PAS ini. Mulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi Bunda dan Si Kecil selama masa kehamilan dan menyusui,” tandasnya.

Yogyakarta sendiri menjadi kota keempat penyelenggaraan seminar Bunda PAS tersebut. Diharapkan, para calon orangtua khususnya ibu  semakin memahami pentingnya mengawal 1000 hari pertama kehidupan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI