12 Ribu Vial Vaksin Siap Didistribusikan ke Sleman, Kota dan Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY kembali mendapatkan stok vaksin Covid-19 sebanyak 12.170 vial dari pemerintah pusat. Kamis (08/04/2021), vaksin tersebut akan mulai didistribusikan untuk tiga wilayah yakni Sleman, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan 12.170 vial vaksin tiba di Dinas Kesehatan pada Selasa (06/04/2021) malam. Satu vial menurut Pembajun bisa digunakan untuk 10 sasaran vaksin yang berarti bisa digunakan lebih dari 120 ribu dosis suntikan.

“Kita akan distribusikan untuk Sleman, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul. Tiga wilayah ini telah melakukan vaksinasi lansia dengan jumlah banyak,” ungkapnya, Rabu (07/04/2021).

Pembajun mengatakan pendistribusian akan mulai dilakukan Kamis (08/04/2021) untuk tiga wilayah tersebut. Dinkes berharap kabupaten/kota melaksanakan vaksinasi dengan tertib baik pentahapan dua dosis maupun sasarannya. “Aman, harapannya kita bisa tertib dalam pentahapan sasarannya,” tutup Pembajun.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana meminta Pemda DIY terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait penyediaan vaksin. Pasalnya, warga DIY terlihat antusias mengikuti program tersebut.

Koordinasi menurut Huda sangat perlu karena saat ini vaksinasi terus berjalan dan setiap orang harus mendapatkan dua dosis suntikan. Jeda waktu 14 hingga 28 hari menurut Huda harus jadi waktu Dinkes untuk berkomunikasi dengan pusat agar vaksin datang tepat waktu.

“Menipisnya dosis vaksin di satu sisi memperlihatkan masifnya vaksinasi, mengejar target jumlah vaksinasi. Kami meminta Dinkes untuk terus berkoordinasi dengan pusat agar vaksin ini bisa tercukupi stoknya. Mungkin saat ini kondisinya berebut secara nasional, masyarakat sudah sadar sehingga ini hal positif juga saya kira. Hanya Dinkes harus terus koordinasi dengan pusat,” tandas Huda. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI