14 Mahasiswa UAD Raih Beasiswa ICT di Perguruan Tinggi Luar Negeri

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) secara resmi mengadakan upacara pelepasan untuk mahasiswa UAD yang mendapatkan beasiswa International Credit Transfer (ICT) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). ICT adalah salah satu implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). ICT merupakan beasiswa kredit transfer secara daring di Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) mitra selama satu semester.

Upacara Pelepasan ini secara resmi dibuka Dr Muchlas MT selaku Rektor UAD. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Rusydi Umar ST MT PhD (Wakil Rektor Bidang Akademik), Dwi Santoso PhD (Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional), Ida Puspita MARes (Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri), Dekan dan Kepala Program Studi terkait, dan seluruh mahasiswa peraih beasiswa ICT.

Beasiswa ICT, 14 mahasiswa UAD dinyatakan lulus memperoleh beasiswa ini. Para mahasiswa tersebut adalah Desy Titin Ramadhani dan Umi Lutfiyah dari Teknik Industri, Nuraini dari Teknik Kimia, dan Irnanda Ummi Sofia dari Teknologi Pangan akan belajar di Universitas Teknologi Petronas (UTP), Malaysia; Dedek Ajeng Okta Triyana dan Salsabilla Isnaini R dari Pendidikan Bahasa Inggris, Shohihuzzihni, Aulia Salsabilla, Annisa Inas Ghaida Widadsari, Rizky Alida dari Sastra Inggris, Budi Shihabudin dan Kulsum dari Manajemen akan belajar di Universiti Teknologi MARA Malaysia, Ifan Rizki Prastowo dari Ekonomi Pembangunan akan belajar di Universiti Utara Malaysia; dan Nabilla Rana Dermawan dari Bahasa dan Sastra Arab akan belajar di Universiti Malaya.

“Perkuliahan untuk beasiswa program ICT dilaksanakan secara daring. Meskipun diadakan secara daring, mahasiswa diharapkan bisa mendapatkan mengalaman seperti belajar secara langsung di universitas masing-masing,” ujar Ida Puspita MARes selaku Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri UAD, Sabtu (04/09/2021).

Dikatakan Ida Puspita, lolosnya beberapa mahasiswa UAD dalam program bergengsi Kemendikbudristek, ICT merupakan upaya UAD dalam terus meningkatkan implementasi kerjasama luar negerinya dan meningkatkan prestasi mahasiswanya di level internasional meskipun di masa pandemi. “Sejak 2016, UAD lolos dalam beasiswa ICT. Semoga di masa mendatang, UAD dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan internasional dari pemerintah,” kata Ida Puspita. (Jay).

 

 

UAD

BERITA REKOMENDASI