14 Mahasiswa UAD Raih Beasiswa Kuliah di Eropa dan Malaysia

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih beasiswa penuh melalui program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), dan International Credit Transfer (ICT).

“Empat mahasiswa menerima beasiswa ke Eropa melalui program IISMA, dan sepuluh mahasiswa menerima beasiswa program ICT ke sejumlah universitas mitra UAD di Malaysia,” ujar Ida Puspita MARes, Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri UAD, Rabu (14/07/2021).

Dijelaskan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menawarkan program baru baru sebagai bagian dari implementasi program Kampus Merdeka yakni Pertukaran Mahasiswa melalui IISMA. IISMA adalah skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas di universitas ternama di luar negeri.

Mahasiswa berkuliah selama satu semester di perguruan tinggi di luar negeri untuk mempelajari ilmu di luar prodinya, budaya negara tujuan, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan. Program IISMA terbuka untuk seluruh mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri.

Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu proses seleksi di universitas/perguruan tinggi masing-masing sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh Kemendikbud ristek dan PTLN) serta proses seleksi wawancara yang dilakukan oleh tim dari Kemendikbud Ristek. Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat seperti seleksi administrasi (diantaranya nilai IPK dan nilai kemampuan Bahasa Inggris) serta seleksi wawancara, empat mahasiswa UAD berhasil meraih beasiswa penuh untuk kuliah selama satu semester di empat universitas ternama di Eropa.

Anggito Setiawan Ardiansyah mahasiswa Teknik Informatika akan belajar di University of Edinburgh, Skotlandia, Bagas Al Fajri mahasiswa Sastra Inggris akan belajar di University of Strathclyde, Skotlandia, Muhammad Arifin mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris akan belajar di University of Granada, Spanyol, dan Afnan Sa’ud Hanifuddin mahasiswa Biologi akan kuliah di Daugavpils University, Latvia. Mereka akan belajar di PTLN tersebut secara luring.

Selain IISMA, 10 mahasiswa UAD juga berhasil lolos dalam program Bantuan Pemerintah, International Credit Transfer dari Keendikbud Ristek. Program ini adalah program mobilitas internasional mahassiwa ke mitra PTLN dan Perguruan Tinggti Dalam Negeri (PTDN) perkuliahan secara daring.

Disebutkan Ida Puspita, 10 mahasiswa tersebut adalah Desy Titin Ramadhani dan Umi Lutfiyah dari Teknik Industri, Nuraini dari Teknik Kimia, dan Irnanda Ummi Sofia dari Teknologi Pangan akan belajar di Universitas Teknologi Petronas (UTP) Malaysia masing-masing Dedek Ajeng Okta Triyana dari Pendidikan Bahasa Inggris, Shohihuzzihni dari Sastra Inggris, Budi Shihabudin dan Kulsum dari Manajemen akan belajar di Universiti Teknologi MARA Malaysia, Ifan Rizki Prastowo dari Ekonomi Pembangunan akan belajar di Universiti Utara Malaysia dan Nabilla Rana Dermawan dari Bahasa dan Sastra Arab akan belajar di Universiti Malaya.

Menurut Ida Puspita, sistem seleksi di program ICT melalui seleksi berkas proposal yang diajukan oleh PT pengusul yang berisi berkas kerjasama dengan PTLN mitra, Letter of Acceptance, Learning Agreement serta berkas kemampuan Bahasa dan akademik mahasiswa. Ida Puspita bersyukur, pada masa pandemi UAD masih diberikan peluang untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa UAD di PT luar negeri baik secara luring (IISMA) dan daring (ICT). Untuk program ICT Belmawa Kemendikbud Ristek, UAD sudah rutin mendapatkan bantuan dana ini sejak tahun 2016 sampai sekarang ini. Untuk program IISMA, ini kali pertama karena program ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Kemendikbud

“Semoga seluruh civitas akademika di UAD dapat terus beradaptasi dengan tantangan kerjasama internasional di masa pandemi dengan mengikuti berbagai hibah yang ditawarkan pemerintah sekaligus menciptakan potensi kegiatan kerja sama yang dapat dilaksanakan secara daring,” pungkasnya. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI