15 Sekolah di Bantul dan Gunungkidul Terendam Banjir

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah DIY Minggu (18/03/2019) mengakibatkan setidaknya 15 sekolah terendam. Para siswa di Bantul dan Gunungkidul pun terpaksa menunda agenda latihan ujian nasional akibat peristiwa tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan di Kabupaten Bantul setidaknya ada tiga kecamatan yang terdampak banjir yakni di Imogiri, Pandak dan Sanden. Sementara di Gunungkidul tercatat sekolah di dua kecamatan yakni Tanjungsari dan Purwosari juga ikut terdampak banjir.

“Ada 15 sekolah yang parah namun itu hanya terendam air tidak ada yang rusak, hanya di Tanjungsari saja pagarnya roboh dan ruang jelas diterjang air. Untuk dokumen termasuk komputer dan peralatan lainnya sampai hari ini tidak ada laporan kerusakan,” ungkapnya usai dialog pendidikan bersama PKS di DPRD DIY Senin (18/03/2019).

Kegiatan belajar mengajar menurut Baskara Aji memang belum bisa dilaksanakan lantaran masih ada beberapa sekolah terendam dan sisa genangan banjir Minggu malam lalu. “Yang masih terendam biasanya di Tanjungsari itu sampai beberapa hari dan siang ini informasinya masih ada genangan. Yang sudah surut sudah dihimbau untuk kerja bakti gotong royong membersihkan sekolah,” ungkapnya lagi.

Khusus pagar dan ruang kelas yang rusak di Tanjungsari Gunungkidul nantinya menanti assasment dari BPBD DIY terkait penanganan pasca kejadian. “Nanti dari BPBD karena masuknya bencana. Saya kira tidak masalah juga karena sekolah-sekolah tersebut sudah punya dua lantai jadi bisa tetap belajar,” imbuhnya.

Sementara terkait sekolah yang harus melaksanakan latihan ujian nasional, Pemda DIY melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga telah menyampaikan kondisi tersebut ke tingkat pusat di Jakarta dan mendapatkan rekomendasi penundaan. “Kami sudah sampaikan dan nanti bisa dilaksanakan setelah siap. Tapi kami juga sampaikan kalau bisa yang kemarin sudah sempat diperbolehkan ikut latihan lagi biar semakin teruji,” sambung dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI