15 Siswa Kesatuan Bangsa Wakili DIY di Kompetisi Sains Nasional

YOGYA, KRJOGJA.com – 15 siswa SMP SMA Kesatuan Bangsa mewakili DIY dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan secara online Oktober 2020 mendatang. Para siswa berhasil lolos dalam seleksi dan akan bertanding melawan peserta dari seluruh provinsi Indonesia.

Humas Kesatuan Bangsa, Ahmad Ihsanudin mengatakan siswanya berhasil lolos dalam sembilan mata pelajaran yang diperlombakan dalam KSN tahun ini. Menurut dia, Kesatuan Bangsa mengirimkan wakil terbanyak dalam KSN tahun ini sebagai wakil dari DIY.

“Ini komitmen kami untuk tetap konsisten memberikan kontribusi terbaik dalam mencetak generasi prestasi meski di tengah pandemi Covid-19. Harapannya, anak-anak bisa memaksimalkan peluang yang ada dan menggali potensi diri dengan maksimal karena sejak awal mereka punya ketertarikan pada hal ini,” ungkapnya pada wartawan Minggu (20/9/2020).

Para siswa yang mewakili DIY yakni M Alan Maulana dan Charusma Pramudya Rudiyanto (Matematika), Reyhan Adhiguna dan Raditya Eka Putra (Kimia), Althaaf Syaikha Nuhaad (Fisika), Hanum Rahmawati dan Yasmina Ashfa Zahida (Biologi), Ngata Parama Aptana dan Muhammad Kautsar Aryana (Komputer), Putri Dwi Lestari (Ekonomi), M Alsamtu Dita dan Aulia Davetta (Geografi), Glady Sajidah (Geoscience), M Hazel Variansyah dan Farhan Adyansyah (Astronomi).

Para siswa tersebut sebelumnya menjalani kamp online untuk olimpiade yang diinisiasi pihak sekolah bekerjasama dengan Eduversal Indonesia. Tahun ini metode belajar untuk persiapan olimpiade dilakukan berbeda karena tanpa tatap muka.

“Menjadi tantangan sekaligus hal baru bagi kami karena biasanya metode latihan dilaksanakan secara tatap muka di Semarang selama 20 hari paling tidak. Tahun ini secara online karena pandemi. Tantangan bagi siswa dan kami tentu saja, namun mudah-mudahan anak-anak tetap bisa maksimal,” ungkapnya lagi.

Sekolah Kesatuan Bangsa berharap para siswa yang mewakili DIY di tingkat nasional bisa menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki. Tujuannya, selain untuk prestasi dan memperdalam keilmuan, namun juga bisa memotivasi siswa lainnya untuk memaksimalkan bakat di masing-masing bidang yang digemari. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI