16 Biro Umrah di DIY Belum Berizin

Editor: Agus Sigit

YOGYA (KRjogja.com) – Biro perjalanan umrah dan haji khusus di DIY yang belum punya izin operasional di DIY hingga pertengahan Januari 2018 tinggal 16 biro. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY terus mengingatkan mereka untuk segera mengurus izin tersebut atau ditutup. 

"Pertengahan Fabruari besok, mereka akan kita undang. Pilihannya dua yaitu segera mengurus izin atau ditutup. Namun kalau tetap 'ngeyel' akan kita limpahkan ke pihak kepolisian untuk diproses," terang Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY Drs Noor Hamid MPdI kepada wartawan disela manasik akbar milad ke-8 Zhafirah Travel di Asrama Haji Yogyakarta, Sabtu (27/1/2018).

Menurut Noor, untuk meminimalisir penipuan maupun biro perjalanan umrah dan haji khusus ilegal, dalam waktu dekat Kemenag DIY akan meluncurkan aplikasi 'Umrah Cerdas'. Aplikasi ini akan memudahkan jemaah dalam memastikan legalitas sebuah biro perjalan umrah. Selain itu, aplikasi ini terhubung dengan pihak imigrasi, sehingga biro perjalanan umrah yang belum memiliki izin beroprasi tidak bisa mencetak paspor umrah. "Biro yang tidak punya izin beroperasi di DIY tidak bisa mengaksesnya," katanya.

Kemenang DIY juga terus mengedukasi masyarakat agar jangan tergiur promo umrah murah yang tidak rasional. Pasalnya banyak penipuan atau biro terpaksa menunda keberangkatan jemaah umrah, karena salah dalam kalkulasi biaya. Noor Hamid mengatakan, biaya umrah paling murah yang ditetapkan oleh pemerintah saat ini sebesar Rp 20 juta. Hal ini untuk mengantisipasi perubahan harga, termasuk kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menaikkan pajak 5 persen. "Kalau biaya Rp 20 juta dianggap oleh biro keuntungannya terlalu besar, kelebihannya bisa dikembalikan lagi ke jemaah," katanya.

CEO PT Zhafirah Mitra Madina HR Tanto SH mengatakan, diusianya yang ke-8, Zhafirah kembali mengadakan program milad umrah diikuti 275 jemaah terbagi dalam kelas ekonomi dan bintang lima. Jemaah tersebut akan diberangkatkan dalam tiga gelombang. "Melalui program milad umrah ini kita ingin mengokohkan sebagai biro perjalanan umrah terpercaya," katanya. Setelah ini, Zhafirah akan meluncurkan program umrah menarik lainnya yatu umrah bintang lima, bintang lima eksklusif dan bintang lima plus Dubai. (Dev)

BERITA REKOMENDASI