171 Kali Kereta Jurusan Solo – Yogyakarta Melintasi Jalur Kalasan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak kurang lebih 171 kali kereta api (KA) rute Solo – Yogyakarta melintasi jalur Kalasan. Saat melintasi jalur tersebut rata-rata satu rangkaian kereta akan melaju dengan kecepatan sekitar 90 km/jam.

“Jadi kalasan merupakan jalur yang sangat padat dilintasi kereta api. Jika orang berada di jalur tersebut selain petugas kereta api yang sedang bertugas maka itu sangat tidak dibenarkan,” tegas Kepala Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto saat dihubungi KRJOGJA.com, Rabu (27/03/2019) menanggapi insiden naas seorang mahasiswi asal Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) tewas tersambar kereta api saat selfi di jalur Kalasan pada Senin (25/03/2019) lalu.

Baca juga :

Asik Selfie, Mahasiswi Tewas Tersambar Kereta

Eko Budiyanto menegaskan, dalam undang-undang nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian menyebutkan kawasan rel kereta api merupakan daerah yang steril dari aktivitas warga. Maka jika ada orang beraktivitas di sekitar rel selain petugas dari PT KAI maka hal itu merupakan tindakan yang melawan hukum.

Saat kejadian dua hari lalu, Eko Budiyanto menegaskan masinis telah melaksanakan tugasnya sesuai standar operasional prosedur (SOP) yakni memberikan ‘Semboyan 35’ yaitu membunyikan klakson lokomotif. Selain itu setelah kejadian masinis juga segera berhenti di stasiun terdekat di Maguwo untuk melaporkan kepada petugas atas kejadian tersebut.

Sementara itu Kapolsekta Kalasan, Kompol Partono mengungkapkan korban tewas saat berfoto bersama teman-temannya. Korban yang tengah asik selfi tak menyadari jika di belakangnya akan melaju kereta api jurusan Ceper – Cilacap dari arah timur menuju barat.

“Korban meninggal dunia di lokasi kejadian dengan kondisi tubuh hancur. Tindakan yang dilakukan Polisi yakni segera mengevakuasi korban dan membawanya ke RS Bhayangkara kemudian memberitahukan kepada pihak keluarga di Kupang,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI