2.882 Keluarga Miskin Kota Yogya Diverifikasi Ulang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 2.882 keluarga miskin yang masuk dalam program Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) 2019, kembali dilakukan verifikasi. Hal tersebut merupakan hasil masukan dari masyarakat jika keluarga tersebut dinilai sudah mampu mandiridan tidak lagi berhak atas program serupa untuk tahun depan.

“Kami akan melakukan proses verifikasi cepat. Jumlahnya memang cukup banyak sehingga petugas lapangan  pun harus bekerja keras,” tandas Kepala Dinas Sosial Kota Yogya, Agus Sudrajat, Kamis (26/12).

Total peneriman program KSJPS tahun ini mencapai 15.282 keluarga atau 49.641jiwa. Penerima program tersebut dibekali Kartu Menuju Sejahtera (KMS) untuk dapat mengakses sejumlah bantuan perlindungan sosial, di antaranya layanan kesehatan secara gratis serta kuota di sekolah negeri.

Agus mengatakan, pengurus di wilayah meragukan 2.882 keluarga pemegang KMS tahun ini untuk menerima   KSJPS tahun depan. Masukan dari wilayah tersebut diterima saat proses uji publik tahap kedua. “Kami tidak main-main terhadap data supaya penerima program KSJPS benar benar tepat sasaran. Makanya dalam proses verifikasi cepat kami datangi keluarga  tersebut kemudian kami kroscek secara silang dengan  Ketua RT atau pengurus kampung setempat,” urainya.

Penentuan calon penerima program KSJPS untuk tahun depan dilakukan bertahap sejak awal tahun. Dimulai dari verifikasi pemegang KMS tahun ini ditambah hasil usulan  dari wilayah untuk dilakukan uji publik  tahap pertama.

Setelah itu dilakukan pengolahan data sebagai da-sar uji publik tahap kedua.Setelah uji publik tahap kedua, kelompok masyarakat masih bisa memberikan masukan  ke  Dinas  Sosial. Hanya, masukan  tersebut bukan merupakan usulan baru melainkan data warga yang dinilai sudah mampu dan mandiri.

Sehingga masih ada kesempatan bagi petugas untuk melakukan verifikasi ulang atau verifikasi cepat. “Target kami, semua data yang harus kami verifikasi cepat bisa selesai akhir bulan ini. Kemudian langsung kami ajukan ke walikota untuk penetapan penerima program KSJPS untuk tahun 2020,” tandasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI