2 Prodi Dapat Hibah PKKM Rp 2,6 Miliar, Program MBKM UJB Berjalan Baik

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahun 2021 kemarin merupakan awal terbaik bagi Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta dalam menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tahun 2021 Universitas Janabadra mendapatkan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemdikbudristek senilai Rp 2,6 Milyar untuk dua program studi (Prodi), yaitu Prodi Hukum dan Program Studi Teknik Sipil.

Ketua Tim Task Force PKKM sekaligus Wakil Rektor I Universitas Janabadra, Erna Sri Wibawanti SH MHum mengatakan, PKKM diarahkan untuk mendorong pencapaian 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. “Program ini dilaksanakan selama 6 bulan dengan melibatkan tim dari kedua prodi dengan arahan dari universitas dengan membentuk Tim Task Force PKKM,” terang Erna Sri Wibawanti dalam siaran pers yang diterima KRJOGJA.com, Senin (3/1/2022).

Hasil dari PKKM di Tahun 2021, Prodi Hukum mampu mencapai 6 IKU. Capaian 1 IKU terkait kualitas lulusan dengan diraihnya 12 mahasiswa berprestasi nasional dan internasional serta 1 paket prasarana peradilan semu. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas dosen dengan diperolehnya sertifikasi keahlian 18 orang dosen dan 3 kerja sama internasional.

Capaian 3 IKU terkait dengan kualitas kurikulum dan pembelajaran dengan berhasilnya membuat 24 modul pembelajaran digital (20 berbahasa Indonesia dan 4 berbahasa Inggris) yang akan segera diagregasi ke Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (Spada Indonesia) serta telah selesainya desain outcome based education (OBE).

Sedangkan Prodi Teknik Sipil mampu mencapai 6 IKU. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas lulusan dengan telah berhasil mensertifikasi ketrampilan bagi 150 mahasiswa, memagangkan 29 mahasiswa, dan memberangkatkan 10 mahasiswa mengikuti virtual students exchange dengan Universiti Teknologi Petronas Malaysia. Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas dosen (kompetensi dan luaran tri dharma) dengan keberhasilan 14 dosen memperoleh sertifikasi kompetensi keahlian pada masing-masing keahliannya, 4 dosen tersertifikasi Pekerti, 3 dosen praktisi tersetifikasi Pekerti, serta 4 kolaborasi riset internasional.

Capaian 2 IKU terkait dengan kualitas kurikulum dan pembelajaran (kerja sama, pembelajaran case/problem based) yaitu 1 kerja sama internasional dengan Universiti Teknologi Petronas (UTP), 3 license software BIM untuk mendukung pembelajaran case method serta 1 modul laboratorium untuk mendukung pembelajaran berbasis case method. (Dev)

 

 

BERITA REKOMENDASI