20 Pelajar Babel ‘Sowan’ Sultan HB X

YOGYA (KRjogja.com) – Sebanyak  20 pelajar dari berbagai wilayah di Bangka Belitung bertemu Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Bale Raos Resto Magangan Kraton Yogyakarta, Minggu (07/08/2016) dan mendapatkan beberapa wejangan.

Kegiatan ini dalam rangka program Siswa Mengenal Nusantara yang diselenggarakan empat BUMN yakni PT KAI, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, PT Primissima serta PT Timah. Mulai 7 hingga 16 Agustus 2016, mereka akan belajar tentang hal-hal menarik dari Yogyakarta.  Sebaliknya, dari Yogyakarta memberangkatkan 20 siswa untuk belajar 9 hari di Bangka Belitung.

Sultanberharap para pelajar baik dari Bangka Belitung maupun Yogyakarta yang ikut dalam program Siswa Mengenal Nusantara dapat menimba pengalaman sebanyak-banyaknya selama sembilan hari. Termasuk mengambil banyak sisi positif mulai dari pendidikan, budaya dan juga kebiasaan-kebiasaan lainnya yang membuat Indonesia ini kaya.

"Jangan hanya kenal saja dengan orang-orangnya tapi belajar beradaptasi, belajar kebudayaan yang berbeda juga sisi-sisi positif baik dari Yogyakarta maupun Bangka Belitung. Kalau bisa nanti waktu pulang orang tua melihat anak yang berbeda, lebih mandiri dan kaya pengalaman hidup," ungkap Sultan.

Anak-anak dari Yogyakarta dan Bangka Belitung ini dipilih dari pelajar berprestasi di masing-masing daerah. Mereka terlebih dahulu mengikuti seleksi tes tertulis dan wawancara yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat.

"Di Yogyakarta awalnya ada 87 calon peserta  dari lima kabupaten kota yang kemudian diseleksi dan dipilih 20 orang. Mereka ini merupakan pelajar dengan prestasi akademik dan nilai karakter yang baik," ungkap Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Peserta dari Bangka Belitung, Sekar Octavrianti yang merupakan pelajar SMA N 1 Pemali mengaku sangat senang bisa mengikuti ajang Siswa Mengenal Nusantara. "Kami antusias sekali bisa ke Yogyakarta karena budayanya benar-benar berbeda dengan di Bangka, kami jadi bisa belajar memahami betapa kaya budaya Indonesia," ungkapnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI