20 Ribu STB Dibagikan Gratis untuk Warga DIY

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – 120 ribu Set Top Box (STB) gratis akan dibagikan untuk masyarakat DIY di masa program Analog Switch Off (ASO) saat ini. Penerima STB gratis dari pemerintah pusat tersebut adalah warga yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Kementrian Sosial.

Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Plt Kepala Dinas Kominfo DIY, mengatakan saat ini pihaknya terus berproses ASO dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat. Menurut dia, Kominfo DIY bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memastikan transformasi TV analog ke digital bisa berjalan dengan baik seauai program pemerintah pusat.

“Sekarang kita sedang berproses dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Agar semakin maksimal, kami bekerjasama dengan KPID, KID dan lembaga penyiaran,” ungkap Made, Selasa (21/6/2022).

Made mengatakan, DIY akan menerima sekitar 120 ribuan STB untuk masyarakat di lima kabupaten/kota. Para penerima adalah masyarakat yang masuk dalam PKH Kementrian Sosial.

“Dari pusat akan ada bantuan (STB) untuk PKH. Untuk DIY, akan diberikan sejumlah 120 ribuan untuk warga masyarakat. Namun data ini awal, masih akan ads koordinasi dengan pusat,” ungkapnya lagi.

Kominfo DIY menurut Made berharap, masyarakat yang mampu untuk bisa segera berpindah dari analog ke digital. Apabila televisi belum bisa mengakses layanan digital, disarankan membeli STB dengan sertifikasi Kominfo.

“Kalau yang televisinya bisa, tinggal berpindah ke digital saja, untuk yang belum, bisa membeli STB yang dipasang ke unit televisi. Harapannya masyarakat segera beralih karena siaran lebih jernih,” pungkas Made. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI