200 Mahasiswa UAD Studi ke Kawasan Asia dan Eropa

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahun Akademik (TA) 2019-2020, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengirim 200 lebih mahasiswa studi ke negara kawasan Asia dan Eropa. "Ada 200 mahasiswa lebih studi ke berbagai negara Asia dan Eropa," ujar Ida Puspita MARes, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD di kampus 1, Jalan Kapas, Semaki, Yogya, Kamis (23/1/2020). 

Dijelaskan Ida Puspita, sebanyak 200 mahasiswa mengikuti beragam program, seperti Program Kredit Transfer sebagai tindak lanjut dari kesepakatan dengan UAD.

Program Public Health Short Program di Hungkang University Korea Selatan, Program The 2bd Global Youth Leaders Exchange GOGO Gongwan, Program ASIAN International Mobility for Students (AIMS). "AIMS merupakan program beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengambil kredit satu semester di universitas Asia," ucapnya.

Secara rinci dijelaskan, para mahasiswa Tahun Akademi 2019-2020 diantaranya studi ke Thailand (58 mahasiswa), Filipina (8 mahasiswa), Brunei Darussalam (2 mahasiswa), Korea Selatan (6 mahasiswa), Taiwan (17 mahasiswa), China (10 mahasiswa), Jepang (7 mahasiswa), Jerman (3 mahasiswa), Belanda (2 mahasiswa) dam Abu Dhabi (4 mahasiswa). Sejumlah mahasiswa itu antara lain dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum.

Ditambahkan Ida Puspita, program pertukaran mahasiswa ke luar negeri membawa dampak positif bagi mahasiswa dan universitas. Selain untuk memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa, program semacam ini salah satu usaha untuk menuju World Class University.

Sedangkan Prof Sarbiran PhD, Wakil Rektor 1 UAD dalam pelepasan 31 mahasiswa studi ke luar negeri memberi nasihat. "Studi ke luar negeri menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa dan lembaga bersangkutan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mental, motivasi, bahasa Inggris dan perilaku Islami," ujarnya di kampus 1 UAD, Jalan Kapas, Semaki, Yogya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI