24 Sekolah di Yogya Siap PTM

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Hampir sekolah-sekolah di DIY siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas dengan menerapkan protokol keseha an yang ketat. Namun demikian pelaksanaan PTM di DIY, selain mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) juga Instruksi Gubernur (Ingub) DIY yang menindaklanjuti level 3 Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DIY.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya SE MM kepada KR, Rabu (8/9). ”Sejauh ini Disdikpora DIY masih melakukan pemetaan terkait kesiapan sekolah untuk menggelar PTM. Proses tersebut diharapkan dapat terselesaikan di akhir September atau awal Oktober dan ditindak lanjuti dengan PTM,” ujar Didik.

Dijelaskan Didik, sejauh ini sudah ada 24 sekolah yang dinyatakan siap untuk menggelar PTM. Dimana dari jumlah tersebut, sebanyak 10 sekolah di antaranya, sempat mengadakan uji coba PTM pada pertengahan 2021. Tapi karena sempat terjadi lonjakan kasus harian di DIY, uji coba PTM tersebut terpaksa dihentikan,” katanya.

Didik menyatakan, meski hampir semua sekolah di DIY telah memiliki gugus tugas di tingkat satuan pendidikan. Untuk memastikan dan menjamin kesiapan sekolah, Disdikpora DIY akan tetap melakukan peninjauan kembali.

Semua itu dilakukan sebagai salah satu bentuk kehati-hatian dan mengantisipasi terjadinya penularan atau kasus baru. Salah satu hal yang menjadi fokus perhatian adalah cakupan vaksinasi dikalangan guru maupun tenaga kependidikan hingga para siswanya. Sebelum PTM dilaksanakan semua siswa dan guru wajib tervaksin minimal dosis pertama.

“Percepatan vaksinasi saat ini sedang kami lakukan untuk mendukung kesiapan PTM. Walaupun cakupanvaksinasi pelajar SMA/ SMK/SLB di DIY saat ini telah mencapai 52 persen dari total sasaran sekitar 144 ribu orang. Dengan cara tersebut kami berharap siswa bisa merasa nyaman saat mengikuti PTM,” terang Didik.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Humas Biro Umum, Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY Ditya Nanaryo Aji melaporkan kasus konfirmasi positif harian Covid-19 di DIY bertambah 213 kasus sehingga total 152.327 kasus pada Rabu (8/9). Rerata kasus positif harian mencapai 4,24 persen dengan jumlah kasus aktif
mencapai 7.128 kasus. “Riwayat sementara kasus terkonfirmasi Covid-19 yaitu 165 kasus tracing kontak positif, 31 kasus periksa mandiri dan 17 kasus belum ada informasi,” katanya. (Ria/Ira)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI