25 Desember PKL Malioboro Libur, Ini Alasannya

YOGYA, KRJOGJA.com – Wisatawan dan pengunjung yang hendak menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta Selasa 25 Desember 2018 mungkin harus siap membawa bekal atau mengurungkan niat berbelanja murah. Pasalnya, di hari tersebut seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di kawasan tersebut libur selama satu hari penuh lantaran bertepatan dengan hari Selasa Wage. 

Kepala UPT Malioboro Ekwanto kepada KRjogja.com Sabtu (22/12/2018) mengatakan PKL meliburkan diri sesuai kesepakatan yang sebelumnya terjalin. Menurut dia, meski dalam masa liburan panjang dan bertepatan dengan Hari Natal di mana banyak wisatawan datang namun PKL tetap menghormati keputusan untuk libur setiap 35 hari sekali yakni hari Selasa Wage. 

“Mulai pukul 00.00 hingga 24.00 keesokan harinya, PKL meliburkan diri seperti biasa pada Selasa Wage. Kami berharap wisatawan atau pengunjung yang hendak ke Malioboro memahami hal tersebut,” ungkapnya. 

Untuk satu hari tersebut pada pagi hari, PKL dibantu beberapa pihak mengadakan kerja bakti di sepanjang Jalan Malioboto sebagai wujud menjaga dan merawat lokasi berjualan. “Mulai pukul 06.00 pagi kami akan bekerja bakti dan siapapun yang ingin terlibat bersama membersihkan Malioboro bisa langsung bergabung,” tandasnya. 

Malioboro sendiri selama ini menjadi tujuan wisatawan karena menjadi kawasan ikonik di DIY. Berbagai PKL mulai makanan, cinderamata hingga barang-barang menarik lainnya dengan harga cukup miring ada di sepanjang kawasan tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI