25 Ribu Umat Ikuti ‘Misa Online’ Kamis Putih Keuskupan Agung Semarang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Lebih dari 25 ribu umat Kristiani mengikuti misa Kamis Putih dari akun Youtube Keuskupan Agung Semarang, Kamis (9/4/2020) malam. Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko memimpin langsung ibadah pemuka prosesi Tri Hari Suci Paskah tersebut.

Dalam homilinya, uskup menyampaikan bawasanya hari-hari ini seluruh manusia termasuk umat Kristiani sedang diuji melalui Virus Corona Covid-19. Banyak kejadian terjadi yang tak jarang menurut Romo Rubi berhubungan dengan orang-orang terdekat.

“Bagaimana sikap kita kepada orang yang diduga atau memiliki gejala terkena Corona. Apakah kita mendekat, menyemangati, mendukung dan tidak meninggalkan, atau justru menolak, menyingkir bahkan ada cerita tenaga kesehatan yang ditolak kembali ke rumah karena kekhawatiran kita. Saya yakin saudara sekalian tidak begitu,” ungkapnya.

Romo Rubi dalam homilinya juga mengajak umat Kristiani untuk saling membantu satu sama lain di saat yang tidak mengenakkan seperti sekarang ini. Banyaknya orang yang harus menanggung keputusan PHK, menjadi alasan mengapa umat Kristiani harus membuka hati terdalam dan saling memberi.

“Kalau ada yang terkena PHK, saatnya kita membuka tabungan cinta kasih untuk digunakan terutama bersama mereka yang mengalami kesulitan. Mari bergerak bersama melayani mereka dengan sepenuh hati,” ajak Romo Rubi.

Perjamuan Kudus terakhir Yesus bersama murid-muridnya yang diperingati dalam Kamis Putih kali ini tak dilengkapi dengan prosesi pembasuhan kaki. Misa yang tercatat disaksikan 25 ribu lebih pemirsa tersebut berjalan dengan begitu khusyuk.

Prosesi Misa Kamis Putih yang dimulai pukul 19.00 WIB sendiri diakhiri dengan prosesi tuguran. Sakramen Mahakudus diarak yang melambangkan saat Yesus Kristus berdoa di Bukit Zaitun sebelum disalibkan pada keesokan harinya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI