256 Petani DIY Ikuti Program Asuransi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DIY) terus berupaya mendorong petani padi maupun peternak sapi di DIY untuk memanfaatkan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Asuransi tersebut merupakan wujud apresiasi Pemerintah sebagai antisipasi gagal panen bagi petani memasuki musim kemarau atau kerugian bagi peternak apabila terserang penyakit hingga bencana alam.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan DIY Sasongko mengaku baru 256 petani di DIY yang tergabung dalam program AUTP. Angka tersebut masih jauh dari target yang dipatok 3.000 petani. Petani yang mau tanam atau petani yang pernah mengalami kegagalan panen baru mau ikut asuransi tersebut.

"Asuransi untuk jiwa saja masyarakat masih enggan, apalagi asuransi untuk tanaman. Petani banyak yang tanya kalau ikut asuransi uangnya malah hilang jadi kesadarannya masih kurang jangankan untuk sawahnya untuk dirinya sendiri saja belum," kata Sasongko.

Sasongko mengatakan kedua asuransi tersebut diselenggarakan PT Jasindo, sedangkan Pemerintah memfasilitasi berupa penyuluh lapangan dan memangkas biaya premi asuransi tersebut sebesar 80 persen. (Ira)

BERITA REKOMENDASI