3 DPO Kasus Persetubuhan Anak Ditangkap

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus persetubuhan terhadap anak di bawah umur, Mawar (nama samaran) ditangkap Tim Intel Kejati DIY dan Kejari Bantul. Selanjutnya ketiga terpidana dimasukan ke Rutan Bantul untuk menjalani putusan Mahkakah Agung (MA).

Kajari Bantul Zuhandi SH MH mengungkapkan, ketiga DPO itu meliputi Didi (29), Bambang (29) dan Dodot (31) warga Bantul. Untuk terpidana Dodot ditangkap pada 28 Mei 2020, sedangkan dua terpidana lainnya kemarin.

“Ketiga tersangka sudah berhasil kami tangkap semua. Sekarang mereka kami masukkan ke Rutan Bantul untuk menjalani putusan MA,” ungkap Zuhandi di Kejati DIY, Selasa (2/6).

Dijelaskan, ketiga terpidana ini sebelumnya melakukan persetubuhan terhadap anak di bawah umur pada 21 April 2012. Dalam putusan di PN Bantul, para terpidana dijatuhi hukuman 5 tahun penjara. Namun di tingkat banding, Pengadilan Tinggi Yogya membebaskan terpidana. Sedangkan di tingkat kasasi, MA menjatuhkan pidana masing-masing 3 tahun dan denda Rp 60 juta subsider 1 bulan kurungan.

“Ketiga terpidana sempat dibebaskan atas putusan Pengadilan Tinggi. Namun putusan MA, mereka kembali dipenjara,” jelasnya. (Sni)

 

DPO

BERITA REKOMENDASI