309 Penari Wanara Event ‘Sleman Gumyak’ Catat Rekor MURI

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lebih dari 300 seniman-seniwati Sleman segala umur menari tarian wanara/kera di event ‘Sleman Gumyak’ di Wisdom Park UGM, Sabtu (7/3). Tarian ini tercatat di Rekor Museum Dunia Indonesia (MURI) sebagai pergelaran tari oleh pemeran wanara terbanyak.

Menurut Senior Manager MURI Sri Widayati, dari hasil verifikasi jumlah penari wanara sebanyak 309 orang. “Ini tidak hanya tercatat di MURI tapi juga rekor dunia,” terang Sri di sela acara. Hadir dalam acara antara lain Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dan Rektor UGM Panut Mulyono MEng DEng IPU ASEAN Eng.

Penghargaan Rekor MURI diserahkan Sri Widayati kepada Bupati Sleman lalu diserahkan kepada Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Sleman selaku pemrakarsa acara. Satu lagi penghargaan diberikan untuk Shinta Bella Production sebagai pelaksana.

Saat pencatatan rekor pergelaran tari oleh pemeran wanara terbanyak, di Tlogo Putri Kaliurang sedang berlangsung pemecahan Rekor MURI pentas Jatilan 56 jam nonstop. “Jadi ada dua pencatatan rekor MURI dalam Sleman Gumyak ini, pergelaran tari oleh pemeran wanara terbanyak dan pentas Jatilan 56 jam nonstop,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih.

Menurut Sudarningsih, event Sleman Gumyak mengambil tempat di Wisdom Park UGM untuk membidik kalangan milenial. Beragam acara digelar salama 3 hari, Jumat-Minggu (6-8/3) seperti festival kuliner, bazar UMKM, pentas seni, fashion show, cooking competition dan lain-lain.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, Sleman Gumyak ini untuk mendukung event Jogja Heboh 2020 yang digagas oleh Pemda DIY bersama Kadin DIY. Menurut Sri Purnomo, event ini akan menjadi daya tarik wisata, sehingga tetap bisa mendongkrak perekonomian daerah saat low season. “Kita tampilkan berbagai event dan sediakan banyak diskon untuk mendukung Jogja Heboh 2020,” katanya. (Dev)

 

BERITA TERKAIT