33 Juta Dosis Vaksin Segera Tiba

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 33 juta dosis akan segera tiba di tanah air. Vaksin tersebut pemerintah didatangkan dari negara China maupun Amerika. Vaksin yang akan datang diantaranya merupakan jenis Moderna dari Amerika.

“Bulan ini kita akan kedatangan vaksin 33 juta. Kita terima kasih untuk teman-teman dari AS yang berikan vaksin Moderna sejumlah 4 juta. Dengan ini kita bisa suntikkan ke rakyat kita lebih cepat,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers secara virtual, Jumat (09/07/2021).

Ia menambahkan Jepang juga akan datang 2,1 juta dosis dan dari Covax-Gavi sebanyak 3,4 juta dosis. Dengan demikian sampai saat ini vaksinasi sudah menembus angka 48 juta, sehingga Budi Gunadi optimis target 1 juta per hari dapat tercapai.

Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga telah disetujui untuk dilaksanakan dalam program vaksinasi pemerintah. Namun dosis ketiga vaksinasi tersebut hanya diberikan untuk tenaga kesehatan.

“Vaksinasi kita masih belum mencakupi seluruh target vaksiansi maka penting untuk kita pahami vaksinasi ketiga ini hanya diberikan kepada nakes,” terangnya.

Sementara itu Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga untuk nakes rencananya mulai dilakukan pekan depan. “Diharapkan booster ini bisa dilakukan untuk 1,47 juta tenaga kesehatan,” tegas Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengaku pemerintah memperluas pemberlakuan PPKM Darurat untuk wilayah luar Jawa – Bali. Pemerintah memutuskan 15 kabupaten dan kota di luar Jawa – Bali akan diberlakukan PPKM Darurat.

Sebanyak 13 kota maupun kabupaten tersebut seperti Kota Tanjung Pinang, Singkawang, Padang Panjang, Balikpapan, Bandar Lampung, Pontianak, Sorong, Batam, Bontang, Bukittinggi, Padang, Mataram dan Medan. Selain itu juga di 2 kabupaten, yakni Manokwari dan Berau. (Van)

BERITA REKOMENDASI