34 Provinsi Hadiri Sidang Tanwir III Muhammadiyah-Aisyiyah

YOGYA, KRJOGJA.com – Untuk pertamakali Persyarikatan Muhammadiyah menyelenggarakan sidang tanwir dalam jaringan (daring), Minggu (19/7). Meski demikian dalam pembukaan dilaporkan sudah ‘dihadiri’ 34 wakil provinsi juga diikuti pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM/PTA). Sidang Tanwir III diselenggarakan bersamaan Muhammadiyah dan Aisyiyah dan dibuka Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir.

Meski berlangsung daring, namun Sidang Tanwir III Muhammadiyah dilakukan dengan pelbagai titik. Di ruang Pusat Syiar Dakwah Muhammadiyah (PSDM) kantor Jl Cik Ditiro hadir 5 Anggota PP yang berdomisili di DIY-Jawa Tengah yakni Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Agus Taufiqurrohman, Marpudji Ali, Agung Danarto serta Dahlan Rais. Sedang di aula lantai 3 Cik Ditiro untuk peserta ketua majelis tingkat PP. Sedang para sekretaris majelis mengikuti sidang di Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Selain itu,anggota PP Muhammadiyah yang lain berada di kantor Jalan Menteng Jakarta.

Sementara para pimpinan wilayah disarankan bersama di para pimpinan perguruan tinggi, pimpinan amal usaha di kantor Pimpinan Wilayah atau perguruan tinggi terdekat. Seperti diketahui, Sidang Tanwir dalam kondisi darurat ini mengagendakan kapan pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah akan diselenggarakan setelah ada penundaan. Menurut agenda rutin, seharusnya Muktamar diselenggarakan 1-5 Juli 2020, di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Karena pandemi Covid-19, Maret lalu telah diundur menjadi 24-27 Desember 2020. Dan karena trend pandemi tidak melandai bahkan meningkat, Persyarikatan membawa agenda ini dalam Sidang Tanwir III untuk menentukan kapan pelaksanaannya.

BERITA REKOMENDASI