361 Roket Air Meriahkan Pesta Sains Jogja 2017

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Lebih dari 361 roket air diluncurkan di Stadion Kridosono, Sabtu (09/09/2017) siang. Roket-roket tersebut tampak mengincar pendaratan di sebuah target yang diletakkan di salah satu ujung Stadion Kridosono.

Pembuat roket-roket air ini ternyata adalah siswa SMP dan SMA dari berbagai daerah yang ikut serta dalam Kontes Roket Air dalam rangkaian Pesta Sains Jogja 2017 sekaligus memperingati HUT ke-261 Kota Yogyakarta. "Peserta kali ini total 361 dan semakin beragam asalnya, tidak hanya dari DIY tapi dari Jawa Tengah juga banyak seperti Magelang hingga Gombong," ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana.

Baca juga :

Dua Siswi SMA 7 Yogya Ciptakan Kotak Sampah Bisa Bicara

Pelajar SMP 5 Yogya Olah Tulang Lele jadi Pelet

Jarak antara titik peluncuran dengan target cukup jauh yakni 80 meter. Roket buatan anak-anak muda Indonesia ini harus bisa menyentuh target agar bisa terus melaju dan memenangkan juara. "Anak-anak ini harus memperhatikan sudut pelepasan dan arah angin agar roketnya bisa meluncur masuk ke target, ini penerapan ilmu Fisika dan kreativitas anak," sambungnya.

Kontes Roket Air ini selain mengemban misi mengenalkan kedirgantaraan di kalangan dan masyarakat, ternyata juga mencari juara untuk perwakilan kompetisi tingkat nasional. Kontes Roket Air Taman Pintar menurut Afia telah diakui menjadi kompetisi tingkat regional yang sekaligus seleksi untuk tingkat nasional.

"Nanti akan dipilih 10 siswa terbaik yang berusia 12-16 tahun utnuk dikirim mengikuti Kompetesi Roket Air Nasional 2017 yang digelar Kementrian Riset dan Teknologi. Pemenang kontes tingkat nasional akan dikirim ke kompetsi roket air internasional di India November 2017 nanti, semoga dari sini ada yang bisa mewakili Indonesia," lanjutnya lagi.

Rasa penasaran yang dipadukan dengan keinginan berkembang terdengar dari hampir seluruh peserta yang belum mampu mencapai target pendaratan. Kegagalan tampaknya menjadi pelecut bagi para siswa tersebut untuk mengembangkan diri semakin baik dan kembali ikut di kejuaraan tahun depan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI