4 Jam, Para Pendekar Tontonkan Atraksi di SO 1 Maret

YOGYA (KRjogja.com) – Ratusan pendekar dari berbagai perguruan pencak silat di Indonesia memadati pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta Sabtu, (20/8/2016). Para pendekar mempertunjukan keilmuan dari masing-masing perguruan maupun aliran dalam acara yang bertajuk 'Pencak 4 Jam Meneguhkan Istimewa'.

 

“Ada sekitar 32 perguruan, 313 orang yang resmi terdaftar untuk tampil di atas panggung. Ada yang dari Kalimantan, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur,” ungkap Suryadi selaku ketua panitia di sela-sela acara kepada wartawan.

 

‘Pencak 4 Jam, Empat Jam Meneguhkan Istimewa’ ini merupakan media bagi para pendekar pencak silat dari seluruh pelosok tanah air untuk saling mempertunjukkan kekayaan, keilmuan dan aliran pencak silat masing-masing dalam bentuk silat sebagai seni dan budaya, dalam forum yang hangat penuh rasa persaudaraan.

Dalam acara ini juga terdapat beberapa perguruan beladiri yang berasal dari luar Indonesia, seperti Nunchaku Club dan Aikido. Acara yang diselenggarakan tahunan ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Khusus tahun ini digarap di tempat, tapi tetep ada gerakkan silat yang total waktnya sampe 4 jam. Ini sebenernya sebagai bukti silat ternyata di bumi pertiwi, di bumi persada ini masih hidup, terutama di Jogja. Kenyataanya kita buat event silat 4 jam antusiasmenya masih sangat luar luar biasa,” jelasnya di sela-sela acara.

Suryadi berharap, acara seperti ini agar sering diselenggarakan. Dengan begitu silat sebagai media untuk membentuk karakter bangsa semakin tersosialisasikan. Pencak silat juga menjadi media saling bersilaturahmi serta penanaman karakter anak-anak tentang budi pekerti yang luhur tanpa adanya unsur kekerasan. (Satriyo Wicaksono)

BERITA REKOMENDASI