4 Tips Membuat Iklan Untuk Mahasiswa

Editor: KRjogja/Gus

Banyak mahasiswa saat ini yang tidak hanya aktif di dunia perkuliahan, tetapi juga mulai mengembangkan jiwa kewirausahaannya, salah satunya dalam bidang periklanan. Bisnis periklanan semakin hari tambah menjanjikan peluangnya. Namun demikian, ada empat hal yang harus diingat oleh mahasiswa dalam membuat konten iklan.

1. Mulai agensi seawal mungkin
Jika memiliki passion dalam bidang advertising, mulailah merintis agensi sesegera mungkin. Hal tersebut bisa dimulai dengan kolaborasi dengan teman yang memiliki pemahaman dan tujuan yang sama. Mumpung masih jadi mahasiswa, kenapa gak?

2. Mahasiswa masih punya keberanian, kesalahan masih bisa di toleransi
Umumnya mahasiswa dikenal sebagai pribadi yang masih belajar, oleh karena itu jangan ragu untuk melakukan try and error. Agensi kecilmu akan menjadi laboratorium tempat mengeksplorasi aneka macam ilmu periklanan yang tidak semuanya ada di bangku kuliah.

3. Jangan cari aman
Dalam membuat karya usahakan jangan berada di posisi cari aman. Karya dengan konsep aman umumnya akan memiliki banyak saingan dan terkesan biasa. Cari aman juga akan mendorong mahasiswa untuk membatasi daya kreativitas nya, maka jika ingin punya karya yang kreatif ' jangan cari aman'.

4.Berani menolak klien
Tindakan menolak klien juga perlu kamu lakukan jika kalian menemui klien yang cenderung membohongi masyarakat. Sikap ini didukung karena mahasiswa belum memiliki tanggungan finansial yang tinggi. Keuntungan mahasiswa yang memiliki sisi idealisme pantas mengambil tindakan ini. Mengingat banyak sekali oknum yang telah terikat kontrak dengan agensi biasanya tidak bisa menolak pekerjaan ini meskipun tidak sesuai dengan kata hatinya. Agensi biasa mau tidak mau pasti akan menerima pekerjaan tersebut meskipun disisi lain merugikan masyarakat karena dipengaruhi adanya tender.

Harapannya dengan menjadikan agensi sebagai laboratorium moral terutama untuk berbuat jujur, diharapkan para mahasiswa ini juga dapat turut serta berkontribusi memajukan program masyarakat seperti halnya UMKM sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat selaku mahasiswa. (Maylatul Aspiya)

 

 

BERITA REKOMENDASI