40.057 Warga Telah Jalani Vaksinasi di Kota Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Proses percepatan realisasi vaksinasi Covid19 di Kota Yogya sangat bergantung pada ketersediaan vaksin yang disuplai oleh pemerintah pusat. Hingga saat ini tercatat ada 40.057 warga yang berhasil divaksin di Kota Yogya. Menurut Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, warga yang sudah divaksin tersebut bukan seluruhnya penduduk Kota Yogya.

“Siapa pun yang beraktivitas di sini kan menjadi tanggungan kita. Seperti yang di area Gumaton (Tugu, Malioboro dan Kraton) itu kan banyak warga luar namun kita vaksinasi secara massal,” jelasnya.

Total 40.057 warga yang divaksin tersebut terdiri dari 5.783 warga lansia, 22.474 warga masyarakat publik dan selebihnya dari tenaga kesehatan, yang berhasil disuntik untuk dosis pertama. Sedangkan yang sudah menjalani suntikan dosis kedua mencapai 13.762 warga. Terdiri dari 36 orang lansia, 4.098 warga masyarakat publik dan selebihnya tenaga kesehatan.

Heroe menyebut, realisasi lansia terlihat masih rendah salah satunya karena durasi penyuntikan untuk dosis kedua lebih lama yakni hingga 28 hari. Berbeda dengan masyarakat umum usia 18- 59 tahun yang hanya berjarak 14 hari dari suntikan dosis pertama.

Di samping itu, banyak lansia yang sudah berhasil terdaftar namun datanya tidak langsung diserahkan ke daerah. “Kita ini kan tidak bisa mengakses data dari pusat. Menunggu kiriman datanya saja,” katanya.

Sementara tahapan vaksinasi, saat ini masih menyelesaikan suntikan dosis kedua hasil vaksinasi massal pada 1-6 Maret 2021 lalu. Akan tetapi minggu depan mulai 22 hingga 27 Maret 2021 akan mulai menyasar jajaran aparatur sipil negara (ASN) maupun pegawai teknis baik di lingkungan Pemkot Yogya maupun instansi vertikal. Totalnya mencapai 11.071 warga termasuk guru dan tenaga kependidikan. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI