40 Petugas Dikerahkan Sortir Surat Suara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – KPU Kota Yogya mengerahkan 40 petugas untuk menyortir dan melipat surat suara. Petugas pun tidak dituntut target untuk dapat melipat sekian surat suara dalam satu hari, melainkan menekankan supaya fokus pada kecermatan dan ketelitian.

Ketua KPU Kota Yogya Hidayat Widodo, mengungkapkan dari lima jenis surat suara yang harus dilipat, pihaknya baru menerima satu jenis yakni untuk DPR RI. "Surat suara untuk DPR RI sudah kami terima pada Sabtu (09/03/2019) sebanyak 316.659 lembar, ditambah 1.000 lembar surat suara untuk keperluan pemungutan suara ulang. Jumlah tersebut sudah memperhitungkan pemilih dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan ditambah dua persen surat suara cadangan," jelasnya.

Hidayat mengaku pihaknya sengaja tidak menargetkan dari sisi kuantitatif namun lebih mengutamakan ketelitian saat melakukan penyortiran. Hal ini guna memastikan surat suara yang dilipat dalam kondisi yang baik.

Hari pertama penyortiran kemarin, belum banyak temuan surat suara yang rusak. Namun demikian, temuan surat suara rusak akan disimpan dan dikembalikan untuk memperoleh penggantinya. Terdapat 40 petugas yang dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara.

Mereka akan diberikan honor sebesar Rp 100 hingga Rp 150 setiap surat suara yang berhasil dilipat. Sedangkan setiap 25 lembar surat suara yang sudah terlipat kemudian ditali dan ditimbang.

Jika jumlahnya benar, maka angka pada timbangan digital akan menunjukkan berat sekitar 840 gram. Penimbangan tersebut sebagai bagian kontrol agar jumlahnya tepat.

Selain itu, petugas juga ditekankan agar memperhatikan kesesuaian daerah pemilihan (dapil) dalam surat suara. Hal ini supaya tidak ada surat suara yang salah alamat atau tertukar dengan dapil lain.

"Setelah ini kami akan menantikan empat jenis surat suara lainnya yakni untuk capres-cawapres, DPD, DPRD DIY, DPRD Kota Yogya. Sesuai jadwal akan kami terima maksimal 23 Maret 2019," tandasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI