41 Santri Positif Hari Ini, DIY Perpanjang Tanggap Darurat Hingga 31 Oktober

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY resmi memperpanjang masa tanggap darurat Covid-19 hingga 31 Oktober 2020. Jumlah kasus yang fluktuatif menjadi alasan status tersebut kembali diperpanjang untuk kelima kalinya sejak Maret lalu.

Surat perpanjangan masa tanggap darurat ditandatangani Gubernur DIY, Sri Sultan HB X Selasa (29/09/2020). Sultan menyampaikan perpanjangan status tersebut didasarkan pada kasus fluktuatif DIY sampai saat ini.

“Iya diperpanjang lagi, karena masih fluktuatif. Kita juga tidak tahu kapan selesai,” ungkap Sultan di Kepatihan.

Jumlah kasus di DIY sendiri Selasa (29/09/2020) hari ini tercatat bertambah 49 orang. Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY untuk kesehatan, Berty Murtiningsih mengatakan 41 di antaranya berasal dari skrining siswa dari salah satu institusi pendidikan di wilayah Sleman.

Dinas Kesehatan baik DIY maupun Kabupaten Sleman belum memberikan penjelasan detail mana institusi yang dimaksud. Hanya saja, hampir dimungkinkan para siswa berasal dari pondok pesantren atau boarding school swasta yang berada di kawasan Sleman mengingat hingga kini sekolah umum di bawah kewenangan Pemda DIY belum diperkenankan melakukan pembelajaran tatap muka. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI