500 Etnis Jadi Kekuatan Indonesia Jadi Negara Maju

YOGYA (KRjogja.com) – Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang sangat potensial menjadi negara maju. 500-an lebih etnis yang ada dari Sabang hingga Merauke dengan budaya masing-masing merupakan modal berharga bagi Indonesia asalkan mampu menjaga persatuan dan kesatuan.

Gagasan tersebut muncul dari anggota MPR Cholid Mahmud saat berbicara dalam sosialisasi empat pilar di kawasan Tamantirto Kasihan Bantul, Minggu (4/9/2016). Cholid mengatakan bahwa 500-an lebih etnis yang ada di Indonesia diharapkan bisa menjaga persatuan dan kesatuan untuk bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Menurut dia, jumlah masyarakat yang mencapai 230 juta dengan 500-an lebih etnis adalah modal sosial yang sangat potensial untuk menggerakkan bangsa menuju kemajuan. "Ini merupakan sebuah anugrah untuk Indonesia dengan 230 juta warga negara, modal sosial yang bisa menggerakkan bangsa ini. Tapi satu syaratnya semua harus bisa bersatu, bersama mengejar ketinggalan kita," ungkapnya.

Unsur-unsur adat istiadat yang sangat kaya di Indonesia bisa dijadikan benteng arus kemajuan perabadan dan bukan penghalang untuk menjadi bangsa maju. "Kebersamaan dan adat istiadat bukan menjadi penghalang malahan bisa sebagai benteng yang membuat kita menjadi bangsa maju yang beradab," imbuhnya.

Wakil DIY di MPR ini mengemukakan banyak ancaman hadir baik dari dalam dan luar untuk memecah belah bangsa Indonesia. "Di sinilah peran penting Pancasila, jangan sampai idealisme sempit berkembang dan malah menjadi penghambat kita maju, persatuan menjadi hal utama," sebutnya di depan 150 warga Tamantirto yang hadir. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI