5000 Kicaumania Ramaikan Piala Raja 18

SLEMAN, KRjogja.com – Sebanyak 5000 kicaumania berkumpul di Taman Candi Prambanan memeriahkan Lomba Seni Suara Kicau Burung memperebutkan Piala Raja XVIII. Perlombaan ini terdiri dari 24 kategori diantaranya muray batu, cucak hijau, anis merah, love bird, dan masih banyak lagi.

Dibagi dalam 4 lapangan A, B, C, dan D, perlombaan terpantau lancar. Setelah meletakkan burung dalam gantengan, para peserta diharap menunggu diluar pagar dan tidak diperkenankan membunyikan suara/pertanda. Hal ini untuk menghindari kecurangan saat proses penjurian. Sayangnya, masih ditemukan pelanggaran. 

Salah satunya, terdapat stiker nama di sangkar burung yang mengakibatkan diskualifikasi. Sebelumnya, panitia telah mengumumkan bahwa sangkar bebas namun tidak boleh ada tempelan apapun. Acara besutan Dinas Pariwisata DIY ini selain sebagai acara tahunan, juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan merayakan ulang tahun PBI (Persatuan Burung Indonesia) ke-44. 

“Acara ini jelas akan mengangkat perekonomian. Dengan pengunjung sekitar 5000 berarti sudah ada perputaran uang 1Milyar lebih. 1 burung pengikutnya bisa lebih dari 5. Bahkan ada yang rombongan 1 bus besar, burungnya tidak lebih dari 20. Bayangkan para penjual sangkar, pangan, obat-obatan, pernak-pernik, kuliner, hingga parkir, pasti laris manis. Artinya acara ini menjadi berkah bagi masyarakat sekitar,” ujar Rose Sutikno, S.H., M.M. selaku Sekretaris Dinas Pariwisata DIY.

Dengan total memperebutkan 784 piala dan uang puluhan juta rupiah, acara ini diikuti ratusan perserta dari berbagai daerah, dan paling jauh dari Lombok. (MG 19)

 

BERITA REKOMENDASI