53 Gurdasus Asal Kalbar Ikuti PGDK di UST

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 53 guru dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengikuti Pelatihan Guru Daerah Khusus (PGDK) di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. PGDK dimaksudkan untuk mempersiapkan para Guru Daerah Khusus (Gurdasus) tersebut sebelum mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai syarat mendapatkan sertifikasi sebagai guru profesional.

Sekretaris Prodi PPG UST, Setuju MPd mengatakan, seluruh Gurdasus yang mengikuti PGDK adalah guru Sekolah Dasar baik PNS maupun NonPNS. PGDK diawal orientasi dilanjutkan pelatihan mulai 25 Juni-2 Juli 2019, diakhiri evaluasi. "Bagi guru yang lulus PGDK akan mengikuti PPG," terang Setuju kepada KRJOGJA.com disela acara pembukaan dan orientasi PGDK di Kampus PGSD FKIP UST Yogyakarta, Senin (24/6/2019). Acara dihadiri seluruh pimpinan UST, Rektor dan Wakil Rektor, Dekan FKIP, Kaprodi PGSD dan Kaprodi PPG UST.

Menurut Setuju, selama mengikuti PGDK, para guru menginap di Asrama Asmadewa UST. Adapun pelatihan selama 8 hari meliputi tryout dan pendalaman muatan disiplin ilmu diakhiri evaluasi. Usai PGDK akan dilakukan MoU antara Kemendikbud dan UST terkait penyelenggaraan PPG bagi para Gurdasus tersebut. Ini menjadi PPG angkatan ke-3 tahun 2019 di UST. "Kami UST berterima kasih kepada Kemendikbud yang mempercayakan UST menyelenggarakan PPG ini," ujarnya.

Rektor UST Ki Drs Pardimin MPd PhD berharap para Gurdasus bisa lulus PGDK dan melanjutkan PPG untuk menjadi guru profesional. Menurut Pardimin, para Gurdasus ini berasal dari daerah 3T, tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia, sehingga akses untuk mengikuti PPG boleh dibilang minim. UST tidak boleh menolak mendidik para Gurdasus ini. "Sesuai ajaran Tamansiswa, tidak boleh ada anak bangsa yang tanpa memperoleh pendidikan layak. UST berusaha sebaik mungkin meningkatkan kualitas Gurdasus agar lebih profesional," katanya.

Menurut Rektor, Kampus UST didirikan oleh Bapak Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Oleh karena itu, siapapun yang menuntut ilmu di UST harus berusaha keras dan memotivasi diri untuk dapat lulus dengan hasil maksimal. "Para Gurdasus peserta PGDK dan dosen harus saling kerja sama untuk mencapai hasil optimal. Kalau ada yang tidak tahu harus berani bertanya biar tahu," tuturnya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI