600 Jalur Difabel di Kotabaru Hilang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 600 tactile dan dot tile (jalur difabel) pedestrian Jalan Suroto Kotabaru Yogyakarta tepatnya di timur SMA N 3 diketahui hilang beberapa hari terakhir. Padahal 21 Desember 2018 lalu jalur tersebut barusaja diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Aksi yang awalnya diunggah warganet di salah satu grup media sosial Yogyakarta Senin (31/12/2018) tersebut sontak cukup mengagetkan. Warganet cukup geram lantaran pemerintah memasang fasilitas itu untuk membantu difabel namun malah dihilangkan oleh tangan-tangan tak bertanggungjawab.

Sekretaris Daerah Pemda DIY Gatot Saptadi pun mengutuk keras aksi tak bertanggungjawab pencurian jalur difabel di pedestrian Jalan Suroto. “Semoga yang mengambil sadar, karena fasilitas itu untuk rekan-rekan difabel tuna netra dan mereka sangat membutuhkan. Pencurinya tak punya hati,” ungkap Gatot, Rabu (02/01/2019).

Sebanyak 600 bagian yang hilang tersebut tersebar di tiga lokasi kawasan pedestrian Kotabaru. Kerugian akibat aksi tak terpuji tersebut ditaksir mencapai angka Rp 12 juta.

Pemkot Yogyakarta pun berniat memasang CCTV di kawasan tersebut untuk mencegah aksi serupa terjadi kembali. Saat ini jalur difabel yang hilang telah diganti namun pelaku pencurian belum diketahui. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI