684 Penumpang Setia Gunakan Prameks Setiap Hari di Tengah Pandemi Corona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa pandemi Corona membuat mobilitas masyarakat begitu terbatas, terutama menggunakan angkutan umum. Di moda Kereta Api misalnya, jumlah penumpang KA jarak pendek mengalami penurunan drastis lantaran memang adanya pembatasan jumlah keberangkatan maupun jumlah penumpang.

KA Prambanan Express (Pramex) misalnya, pada hari biasa sebelum pandemi, jumlah penumpang tiap hari mencapai 9000 orang. Namun di masa pandemi ini, sepanjang Mei 2020 tercatat hanya 684 penumpang rata-rata menggunakan Pramex setiap harinya.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menyampaikan penurunan penumpang dikarenakan adanya pembatasan sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Pramex dengan rute Kutoarjo hingga Solo menjadi salah satu yang reguler mengangkut mobilitas penumpang dari wilayah-wilayah tersebut.

“Kami lakukan pembatasan juga dari biasanya kapasitas bisa diisi 100 persen sekarang hanya 50 persen. Kemudian banyak juga yang masih menjalani kerja dari rumah atau sekolah dari rumah sehingga memang penumpang Pramex rata-rata tercatat 684 orang setiap harinya,” ungkap Eko Jumat (29/5/2020).

Daop 6 sendiri saat ini menurut Eko masih melakukan pembahasan persiapan skema new normal. Berbagai hal ditelaah termasuk adanya kemungkinan mengurangi jumlah seat di rangkaian kereta api hingga prosedur penumpang ketika hendak menaiki kereta.

“Saat ini kita sedang membahas untuk new normal. Kita akan persiapkan sebaik mungkin dan memastikan siap apabila nantinya dilaksanakan,” pungkas Eko. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI