7 Gunungan Semarakkan Grebeg Besar Kraton Yogyakarta

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Sabtu (2/9/2017) siang, Kraton Yogyakarta menyelenggarakan ritual budaya Grebeg Besar memperingati Hari Raya Idul Adha. Tujuh gunungan hasil bumi dipersiapkan untuk kemudian dibawa ke Masjid Gede Kauman, Kepatihan dan Pura Pakualaman. 

Prosesi grebeg telah dilakukan sejak pagi hari di mana para Bregada Kraton mulai bersiap di  Pratjimosono kemudian ke Magangan untuk nantinya bergerak ke Keben dan Pagelaran. Setelah itu, prajurit akan di bagi menjadi tiga grup untuk membawa gunungan masing-masing ke Pakualaman, Masjid Gede Kauman dan Kepatihan. 

Bregada Bugis membawa gunungan ke Kepatihan, Bregada Surakarsa ke Masjid Gede Kauman sementara Bregada Dragunder dan Plangkir mengantar gunungan ke Pura Pakualaman. Selama prosesi, warga masyarakat dan wisatawan tampak antusias menanti peristiwa yang sebenarnya merupakan wujud syukur Raja Kraton atas berkah dan membagikannya pada masyarakat ini. 

Ritual grebeg ini ternyata masih begitu dinanti warga masyarakat dari berbagai daerah. Cuaca panas tak menyurutkan minat mereka untuk menantikan gunungan diusung dan dibawa ke tiga lokasi tujuan untuk diperebutkan. 

Sardiyo, salah satu warga yang dijumpai KRjogja.com mengaku penasaran dengan ritual Grebeg Besar yang dijalankan Kraton setiap tahun. "Kebetulan ini long weekend dan bisa libur ya sudah ajak anak-anak melihat prosesi Grebeg," ungkapnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI