9.068 Maba UGM Disambut Secara Virtual

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2020 resmi dibuka Senin (7/9/2020) hari ini. PPSMB UGM tahun ini digelar secara daring di tengah pandemi Covid-19 dengan total 9.068 mahasiswa baru (maba) Program Sarjana dan Sarjana Terapan.

Secara langsung Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan ucapan selamat datang pada maba UGM tahun ini melalui video conference. “Selamat menjadi Gadjah Mada muda. Saya tahu perjuangan untuk diterima di perguruan tinggi ternama itu tidak mudah, ada persaingan yang ketat, dan Saudara-saudara adalah orang-orang yang terpilih,” ungkap Jokowi.

Kepada para peserta PPSMB, presiden menyampaikan bahwa status sebagai mahasiswa dan kesempatan belajar di perguruan tinggi ternama adalah sebuah kesempatan emas untuk belajar, untuk membangun kepemimpinan dan jaringan, serta untuk mempersiapkan masa depan. Jokowi mengingat saat ia sendiri diterima sebagai mahasiswa baru di UGM empat puluh tahun yang lalu.

“Saya selalu memegang teguh apa yang diperoleh ketika kuliah di UGM, bahwa menjadi mahasiswa UGM memang harus berprestasi menjulang tinggi, tapi tidak boleh melupakan akarnya. Akarnya adalah kerakyatan, kecintaan kita kepada rakyat, kepada bangsa dan negara,” sambung alumni Fakultas Kehutanan UGM ini.

Pada tahun ini, UGM menerima 7.927 mahasiswa Program Sarjana dan 1.141 mahasiswa Program Diploma Empat/Sarjana Terapan dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari jumlah yang diterima, terdapat 22,27 % mahasiswa penerima bantuan KIP-K.

BERITA REKOMENDASI