9 Lembaga Belum Taat Aturan, KPID DIY Layangkan Teguran Tertulis

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY melayangkan teguran tertulis untuk sembilan lembaga penyiaran (LP) yang masuk dalam Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) dan bersiaran di Yogyakarta.

“KPID DIY telah melakukan pemantauan terhadap program siaran lokal yang ditayangkan televisi SSJ selama Januari-Juni 2021. Dari hasil pemantauan tersebut ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan sembilan Lembaga Penyiaran Televisi SSJ tersebut,” kata Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID DIY Noviati Roficoh, Sabtu (31/7).

Menurut wanita yang akrab disapa Rofi tersebut, yang dilakukan KPID DIY sudah sesuai amanat Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan Peraturan Daerah DIY No 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Pasal 19 ayat (1) dan (2a) mengenai wewenang KPID DIY dalam mengawasi program siaran lokal.

“Selanjutnya dari pemantauan yang dilakukan KPID DIY selama Januari-Juni 2021 dan ditemukan pelanggaran, maka kami mengambil sikap dengan memberikan surat sanksi administatif berupa teguran tertulis pada Rabu (28/7) kemarin,” tambahnya.

Teguran tertulis tersebut diberikan karena mereka tidak memenuhi kewajiban menayangkan program siaran lokal 10 persen dari seluruh waktu siaran dan kewajiban minimal satu program siaran berbahasa Jawa sesuai amanat Perda DIY tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

BERITA REKOMENDASI