Abdi Dalem Pura Pakualaman Ikuti Pemeriksaan Mata Gratis

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Menyambut peringatan 212 Tahun Hadeging Kadipaten Pakualaman, pihak Pura Pakualaman mengadakan pemeriksaan mata gratis bagi para abdi dalem. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 21-22 Februari bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata (RSM) Dr Yap Yogyakarta.

Koordinator kegiatan dari RSM Dr Yap Yogyakarta, dr Muhammad Brian Ristianto mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya mengerahkan 12 tenaga medis terdiri dokter spesialis mata, dokter umum, perawat dan apoteker. Adapun pemeriksaan mata yang dilakukan yakni pemeriksaan mata minus/plus menggunakan alat autorefractometer, pemeriksaan mata bagian luar menggunakan alat slit lamp dan pemeriksaan mata bagian dalam menggunakan alat oftalmoskop. "Kalau memerlukan tindakan lanjutan akan diberi rujukan ke rumah sakit," terang Brian disela acara, Kamis (22/02/2018).

Wakil Direktur Pelayanan dan Pendidikan RSM Dr Yap Yogyakarta, dr Rastri Paramita SpM mengatakan, pemeriksaan mata sangat penting untuk mendeteksi kelainan pada mata. Menurutnya kelainan mata tidak hanya disebabkan infeksi, tapi juga bisa karena penyakit diabetes mellitus (retinopati diabetes) ataupun tekanan bola mata yang terlalu besar (glaukoma). "Semakin dini diketahui kelainan mata, kebutaan bisa dicegah," katanya.

KGBRAy Paku Alam X yang mengawali pemeriksaan mata mengatakan, pemeriksaan mata bagi abdi dalem sangat penting untuk menunjang aktivitas. Menurutnya, banyak abdi dalem yang sudah sepuh, terkendala dalam penglihatan, sehingga butuh kacamata.

"Bagi abdi dalem yang membutuhkan kacamata, diberi subsidi Rp 100.000. Kegiatan perdana ini juga akan dirutinkan, minimal setahun sekali," katanya.

Ketua Panitia Peringatan 212 Tahun Hadeging Kadipaten Pakualaman, KPH Endro Kusumo menambahkan, pihaknya manargetkan pemeriksaan mata diikuti seluruh abdi dalem sebanyak 250 orang. Sebelumnya telah diadakan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan berbagai lomba. (Dev)

BERITA REKOMENDASI