Acara Muslim United Akhirnya Dipindah ke Masjid Jogokaryan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Halaman Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta tampak jauh lebih sepi Sabtu (12/10/2019) siang. Ratusan tenant, panggung dan big screen yang terpasang sejak Jumat lalu tak lagi terlihat lantaran acara Muslim United resmi dipindah.

Setelah ditelurusi, ternyata acara tersebut sepakat dipindahkan ke Masjid Jogokaryan yang dimulai pukul 15.00 WIB. Muhammad Jazir, Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokaryan mengkonfirmasi perihal pemindahan acara yang sejak beberapa hari terakhir mengundang polemik di masyarakat tersebut.

“Jam 15.00 pindah ke Jogokaryan. Semalam panitia berdiskusi dengan Kapolda (DIY) dan dalam rangka menghormati Ngarso Dalem sebagai pemilik tempat maka kapolda mengatakan apakah tetap akan jalan meski pemilik tempat tak mengijinkan. Kalau polisi tak akan mengambil tindakan karena ngarsa dalem tak ingin ada tindakan secara hukum,” ungkap Jazir dihubungi wartawan.

Berita terkait:

Belum Keluarkan Izin 'Muslim United' di Masjid Gedhe Kauman, Ini Alasan Polda DIY
Muslim United Jalan Terus Meski Tanpa Ijin Kraton

 

Jogokaryan menurut dia menjadi pilihan setelah panitia melihat kesiapan lokasi serta Sumber Daya Manusia (SDM). “Tidak diberi ijin yang punya lahan jadi harus bedol. Ada beberapa alternatif tapi yang paling siap dari tempat dan SDM ya Jogokaryan. Diupayakan buka tutup jalan nanti,” sambung dia.

Jazir mengungkap alasan menerima Muslim United lantaran ia merasa bawasanya masjid merupakan tempat menemukan solusi dari permasalahan yang dialami.

“Alasan Jogokaryan menerima Muslim United, masjid itu tempat solusi bagi masyarakat. Masyarakat punya keinginan melakukan kebaikan dan ada hambatan ya masjid tampil sebagai solusi. Sifat masjid memberi solusi ya kita siap jangan sampai tak ada jalan,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI