Ada 5 Aspek Keistimewaan, Danais Meningkat

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan Undang-Undang Keistimewaan (UUK) mengatur 5 aspek keistimewaan DIY, yaitu mekanisme pengisian jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dengan penetapan di DPRD, kelembagaan pemerintah DIY, pertanahan, kebudayaan dan tata ruang. 

"Supaya lima aspek keistimewaan itu bisa dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Pemda DIY sudah menyiapkan kebijakan umum keistimewaan yaitu kebijakan perencanaan strategi keistimewaan 2017- 2022,” ujar Asisten Keistimewaan Setda DIY, Didik Purwadi di Kepatihan, Jumat (31/8), terkait dengan 6 tahun pascapengesahan Undang-Undang (UU) No 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY disahkan oleh DPR RI.

Menurut Didik Purwadi, terkait Dana Keistimewaan (Danais) yang diterima oleh Pemda DIY setiap tahun terus mengalami kenaikan. ”Selama ini, Danais yang diterima Pemda DIY dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Misalnya tahun kemarin Rp 800 miliar, tahun ini Rp 1 triliun, tahun depan insyaallah Rp 1,2 triliun. Saya kira semua ini harus disyukuri. Dengan begitu kita jadi termotivasi untuk bekerja lebih maksimal sesuai lima tujuan keistimewaan,” kata Didik Purwadi. (Ria)

BERITA REKOMENDASI