Ada Cinta di Umbulharjo, Saat Budaya hingga Gudeg Pawon Berpadu Jadi Satu

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kemantren Umbulharjo bersama Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menginisiasi gelaran Kangen Jogja secara virtual. Menarik, berbagai hal menarik di Umbulharjo mulai seni hingga kuliner diperkenalkan kepada khalayak secara lebih luas.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan Kemantren Umbuharjo memang memiliki beraneka ragam potensi seni budaya dan wisata. Event Kangen Jogja virtual edisi bulan Mei pun dilaksanakan di Umbulharjo dengan menampilkan potensi pariwisata dari Kemantren Umbulharjo.

“Keanekaragaman tersebut adalah banyaknya sanggar seni dan budaya, kuliner, cagar budaya dan warisan budaya, seni rupa, kerajinan, sastra baik tradisional, modern, maupun kontemporer hingga aneka ragam potensi destinasi wisata. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dan akan tayang di portal youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta,” ungkap Wahyu, Senin (31/05/2021).

Gelaran virtual dengan tajuk Ada Cinta di Umbulharjo menampilkan 2 hal yaitu potensi destinasi wisata baru dan potensi kesenian. Destinasi wisata baru juga dikenalkan seperti Bendung Lepen, Dermaga Cinta, Taman Legawong di kelurahan Pandeyan, Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Semaki, kerajinan jumputan di Kelurahan Tahunan, dan Kuliner Gudeg Pawon dan oleh-oleh bakpia di Kelurahan Warungboto.

“Ada pula penampil kesenian Tari Kebyar (Sanggar Girka Tahunan), Sendratari Murwakala (Sanggar Tresno Budoyo), Musik Bang Bung Kubro ( Sanggar Punakawan Tahunan), Pantomime (sanggar Surasuta Surosutan) Dan Bregada Wirabrata (Sanggar Wira Warungboto),” sambung dia.

Kordinator Acara dari Kemantren Umbulharjo, Dodik Septian Putranto menambahkan di wilayahnya memang terdapat banyak hal menarik sebagai daya tarik wisata. Salah satu bidang kuliner begitu banyak diminati yakni Gudeg Pawon yang menjadi legenda di kawasan tersebut.

“Kami berharap, wisatawan dari manapun melihat potensi-potensi yang ada di Umbulharjo. Jangan ragu untuk datang ke sini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Silahkan jajal semua objek wisata termasuk kulinernya,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI