Ada Kompetisi Ikan Louhan di Pasty Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bingung merawat ikan louhan atau ingin memelihara ikan dengan ciri khas jenong atau nonong di kepalanya? Tenang, di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) tengah digelar pameran sekaligus kompetisi ikan louhan hingga Minggu 3 Februari 2019.

Ada 130 ikan louhan yang berkompetisi dalam 11 kategori di Jogja Flowerhorn Competition. Ketua Panitia Leonardo Yovi (36) mengungkapkan, para pemilik ikan sebelumnya harus melewati seleksi terlebih dahulu.

"Nanti ada satu juri dari Jakarta yang akan menilai kompetisi ini," tutur Yovi. Untuk 11 kategori yang dilombakan terdiri dari Louhan Cencu Prostat (dibaca zhen zhu) , Cencu b, Cencu c, Chinghwa Prostat, Chinghwa b, Chinghwa c, Pre marking c, Pre marking b, Golden Base, Classic, dan Bonsai.

Para peserta yang mengikuti lomba tidak hanya berasal dari Yogyakarta saja, tapi juga dari Semarang, Solo, dan Cilacap.

Menurut Yovi, selain ajang untuk berlomba, kompetisi ini juga memberikan tips kepada peserta lomba bagaimana merawat louhan yang baik. Diantaranya, harus memiliki gairah dan suka terhadap ikan louhan, kadar air harus diperhatikan dilihat sirkulasinya seperti oksigen. 

Tidak hanya itu pemberian makan juga harus dikontrol agar tidak berlebihan. Jika kebanyakan makan, akan membuat perut louhan tidak proposional lagi. "Sama kaya orang, kalo berlebihan dikasih makannya lama-lama buncit juga,"  tutur Yovi.

Pameran ikan louhan akan berlangsung hingga hari Minggu 03 Februari sekaligus pemberian hadiah bagi para pemenang kompetisi. "Nanti akan ada piagam, piala dan uang pembinaan juga bagi peserta yang menang," tutup Yovi. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI