Ada Kubah Lava di Lereng Merapi, Begini Penjelasan BPPTKG

YOGYA, KRJOGJA.com – Warganet ramai memperbincangkan gundukan warna hitam di lereng selatan Merapi beberapa hari terakhir. Tidak sedikit yang mengira gundukan tersebut merupakan kubah lava baru yang muncul tak biasa di Gunung Merapi.

BPPTKG menegaskan bawasanya gundukan tersebut bukan merupakan kubah lava baru Merapi. Kubah lava baru (2021) disebut ada namun berada di puncak atau di area lava 1997 yang menjadi pusat erupsi sejak 4 Januari 2021 lalu.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menjelaskan pihaknya sudah melakukan observasi pada gundukan tersebut dan tidak ditemukan adanya indikasi kubah lava baru di situ. “Berdasar observasi, material itu tidak berpijar, tidak teramati adanya asap di material tersebut dan tidak terdapat rekahan di sekeliling material,” ungkap Hanik melalui keterangan tertulis.

BPPTKG pun menyimpulkan bawasanya gundukan hitam tersebut merupakan bagian dari material vulkanik yang terbawa awan panas saat terjadi erupsi. “Kami simpulkan material tersebut adalah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awan panas guguran,” sambung dia.

Sementara hingga Rabu (3/2/2021) luncuran lava pijar masih terus terjadi dari puncak mengarah ke barat daya. Rabu pagi mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, teramati 4 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 900 meter. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI