Ada Yang Tak Masuk Kritera, Lomba Karya Tulis Desa Wisata Jadi 31 Pemenang

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Sebanyak 31 karya tulis telah dipilih oleh dewan juri dalam Lomba Karya Tulis Desa Wisata Kawasan Joglosemar yang digelar Badan Otorita Borobudur (BOB) bekerjasama dengan Kedaulatan Rakyat (KR) dan Sekolah Vokasi UGM. Mereka terpilih dari 225 naskah yang masuk dan memenangkan juara 1 dan 2 dari 16 katagori desa wisata.

“Dari 16 desa wisata tersebut, ada satu desa wisata yang hanya diisi 1 pemenang, juara 1, yakni Desa Pandanrejo. Karena dari naskah yang tersisa, tidak memenuhi syarat untuk menjadi juara 2,” ujar Ketua Dewan Juri yang juga Direktur Pemasaran Pariwista BOB, Agus Rochiyardi. Pengumuman pemenang dilaksanakan, Jumat (20/8).

Seharusnya, sesuai rencana terdapat 32 pemenang, juara 1 dan juara 2 setiap desa wisata. Namun demikian, karena ada 1 desa wisata yang hanya dapat memilih 1 juara saja, maka total menjadi 31 pemenang. Tulisan para pemenang dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat (untuk juara 1 dengan total 16 naskah) dan di media krjogja.com (untuk juara 2 dengan total 15 naskah).

Agus mengatakan, dari 225 naskah yang masuk hingga batas akhir pengumpulan 14 Agustus lalu, hampir semuanya menunjukkan keseriusan dan antusiasme mengeksplorasi desa wisata. Agus yang menjadi salah satu juri bahkan mengaku seperti berada di desa wisata saat membaca tulisan para peserta yang ikut ambil bagian.

“Hasil lomba ini sesuai ekspektasi kami bahwa desa wisata itu harus punya kualitas, keberlanjutan jangka panjang juga unik. Kami menemukan dalam tulisan yang dikirimkan, dan harapannya desa-desa wisata ini berkembang betul ke arah lebih baik,” tambahnya.

Juara lomba penulisan selengkapnya bisa diakses di link berikut.

(Fxh)

BOB

BERITA REKOMENDASI