Adakan Pemeriksaan Kesehatan di 5 Pasar, Ini yang Diharapkan PPNI

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam rangka memperingati HUT ke-44 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), DPD PPNI Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan gratis di 5 pasar yang ada di Kota Yogyakarta, Jumat (16/3/2018). Yaitu Pasar Beringharjo, Pasar Demangan, Pasar Prawirotaman, Pasar Kotagede dan Pasar Hewan 'Pasty' Yogya.

Ketua DPD PPNI Kota Yogyakarta Edi Sumbodo SKM MKes mengatakan, pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tensi darah dan gula darah, penyuluhan kesehatan dan pemantauan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes mellitus, penyakit ginjal kronis, hipertensi dan penyakit jantung. Targetnya seluruh masyarakat pasar yaitu petugas, pedagang dan pembeli. "Untuk di pasar Beringharjo targetnya 200 orang, sedangkan di pasar lain 100 orang," terang Edi kepada KRjogja.com disela kegiatan di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Kegiatan kelibatkan 15 Dewan Pengurus Komisariat (DPK) yang ada di Kota Yogya.

Menurut Edi, tahun ini tema yang diangkat 'Gerakan Perawat dalam Mendukung Praktik Keperawatan Mandiri'. Praktik keperawatan mandiri dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah 'Gerakan Masyarakat Hidup Sehat' (Germas). "Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi seluruh perawat anggota PPNI untuk bisa mempraktikkan ilmu keperawatan secara mandiri ditengah-tengah masyarakat," katanya.

Ketua DPW PPNI DIY Tri Prabowo SKp Msc mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum yang tepat bagi perawat anggota PPNI untuk lebih dekat dengan masyararakat. Tak kalah penting, kegiatan pengabdian ini memberikan kemanfaatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. "Semua elemen PPNI harus menyatukan langkah bersama-sama membangun organisasi PPNI dan berkontribusi pada kebijakan agar berpihak pada kemaslahatan anggota profesi dan masyarakat penerima layanan keperawatan," katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI