Adaptasi Kebiasaan Baru, Hindari Pola Hidup Tidak Sehat

BANTUL, KRJOGJA.com – Di tengah masa Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) menghadapi Covid-19, terdapat masalah kesehatan yang juga pelu mendapat perhatian dari masyarakat. Permasalahan kesehatan itu antara lain disebabkan oleh penyakit menular dan penyakit tidak menular. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular.

“Pola hidup yang tidak sehat, seperti jarang melakukan aktivitas fisik, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, mengkonsumsi makanan gorengan, minum soda, merokok, dan lain-lain merupakan faktor risiko terjadinya penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular yang bisa terjadi antara lain penyakit jantung, obesitas, stroke, kerusakan organ, atau bahkan kematian,” kata Desi Nurfita SKM MKes (Epid), selaku Ketua Koordinator Tim Pengabdian Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Rabu (18/11/2020).

Tim Pengabdian Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Banguntapan Utara mengadakan Edukasi dan Pelatihan TK Sadar kesehatan di lingkungan PCA Banguntapan Utara. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud perhatian FKM UAD akan pentingnya peran guru TK dalam menggalakkan Germas di Sekolah. Tim Pengabdian Dosen FKM-UAD terdiri dari Desi Nurfita SKM, MKes (Epid), Nur Syarianingsih Syam SKM MKes, dan Julian Dwi Saptadi, SHut MSc.

BERITA REKOMENDASI