AFI Yogyakarta Gelar Try Out Uji Kompetensi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Akademi Farmasi Indonesia (AFI) Yogyakarta mengadakan tryout uji kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) di kampus setempat, Jalan Veteran, Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta, Sabtu (1/9/2018). Tryout diikuti 360 mahasiswa D3 Farmasi dari 5 institusi pendidikan se-Kota Yogyakarta yaitu AFI, Poltekkes Permata Indonesia, Stikes Surya Global, Poltekkes BSI dan Stikes Madani.

Ketua Program Studi D3 Farmasi AFI Yogyakarta, Agustina Susilowati MFarm Apt mengatakan, tryout bertujuan mempersiapkan mahasiswa menghadapi uji kompetensi nasional D3 Farmasi pada 15 September mendatang. "Peserta tryout diberi 180 soal ujian yang harus diselesaikan dalam waktu 3 jam. Setiap tahun selalu diadakan tryout bersama dan kali ini AFI yang menjadi tuan rumah," terang Agustina kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Ketua Alumni and Career Development Center AFI Yogyakarta Yoga Dwi Saputra MPhar Sci Apt mengatakan, tryout cukup penting untuk persiapan menghadapi uji kompetensi D3 Farmasi. Dengan berhasil menempuh uji kompetensi, maka TTK akan mengantongi sertifikat kompetensi yang dikeluarkan Komite Farmasi Nasional. Sertifikat kompetensi ini dipakai untuk medapatkan Surat Tanda Registrasi TTK dan mengurus Surat Izin Praktik (SIP) saat TTK akan berpraktik di instansi rumah sakit, puskesmas, klinik atau industri farmasi. "SIP TTK berlaku 5 tahun dan diperpanjang dengan cara pengumpulan Satuan Kredit Partisipasi (SKP)," katanya.

Menurut Yoga, saat terjun di dunia kerja, TTK menjadi asisten apoteker. Kebutuhan akan TTK sangat banyak dengan lapangan kerja yang luas seperti rumah sakit, puskesmas, apotek, klinik maupun industri farmasi. Bisa dikatakan seluruh lulusan D3 Farmasi AFI Yogyakarta langsung terserap ke dunia kerja tanpa menunggu lama. "Surat permohonan TTK dari berbagai instansi selalu ada, ini membuktikan kebutuhan akan TTK sangat banyak," katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI