AFJ Tolak Sirkus Lumba-Lumba

YOGYA, KRJOGJA.com – Protes terhadap adanya sirkus lumba-lumba di Pasar Malam Sekaten, puluhan aktivis pecinta dan pemerhati hewan yang tergabung dalam Animal Friend Jogja (AFJ) melakukan aksi di titik nol kilometer Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018). Dalam aksi tersebut AFJ membawa poster-poster yang berisi pesan tentang protes dan pesan bagaimana penderitaan lumba-lumba yang dipaksa untuk melakukan atraksi dalam sebuah sirkus.

Koordinator aksi Angelina Pane mengungkap AFJ merasa sangat prihatin dengan masih adanya atraksi lumba-lumba yang dirasa merampas hak hidup hewan tersebut. Menurut Pane sirkus lumba-lumba merupakan bentuk ekploitasi terhadap satwa.  "AFJ meminta kepada pemerintah kota Yogyakarta agar segera menghentikan atraksi tersebut, dikarenakan selain menyiksa lumba-lumba, atraksi tersebut tidak memberikan manfaat sama sekali. Kita protes salah satunya ekploitasi satwa liar dilindungi,” ujarnya.

AFJ juga mempertanyakan dasar pertimbangan Dirjen PHKA dalam penerbitan pedoman peragaan lumba-lumba dan menuntut diadakannya peninjauan kembali terhadap hal tersebut. “Kami dengan tegas menyatakan bahwa keberadaan sirkus lumba-lumba dan aneka satwa adalah kontroversi dengan Pedoman Etika Kesejahteraan Satwa di lembaga konservasi yang diatur dalam Peraturan Dirjen PHKA dan bahwa praktik kekejaman pentas keliling lumba-lumba di Indonesia sudah selayaknya segera dihentikan dan ditiadakan,” tutupnya. (Faris Fikri)

BERITA REKOMENDASI