Agar Penyaluran BPUM Efektif, Harus Dibangun Sistem Pendataan Yang Baik

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, KemenkopUKM Luhur Pradjarto menyatakan, perlu dilakukan penyempurnaan data agar penyaluran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tepat sararan, cepat dan mudah. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan sistem.

“Kita harus berhati-hati supaya tidak ada kesalahan data. Untuk itu Tim Pokja harus bisa meyakinkan kepada masyarakat, agar antara pemerintah dan bank penyalur tidak dibenturkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, ” kata Luhur, saat berdialog dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY dan bank penyalur, di Yogyakarta, Senin (9/11).

Luhur mengakui, banyak hal dalam pelaksanaan di lapangan belum tersosialisasi dengan baik. Untuk itu, monitoring dan evaluasi ini penting agar pelaksanaan dan penyaluran BPUM efektif. Selanjutnya dilakukan penyempurnaan untuk meminimalisir kesalahan administrasi sekaligus akuntabilitasnya tetap terjaga.

Terkait dengan temuan dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Luhur mengatakan, sebagian pengusul tidak mengerti secara detil siapa pihak yang akan menerima. “Itu yang masih harus disempurnakan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI