Airport Security Committee Meeting Di Bandara Adisutjipto

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Komite Keamanan Bandar Udara atau Airport Security Committee Bandara Adisutjipto Yogyakarta melaksanakan ASC Meeting yang keempat di Ruang Yudhistira lantai 2, Graha Angkasapura Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (10/12). Kegiatan diselenggarakan secara daring dan langsung dengan dihadiri oleh perwakilan anggota komite. Diantaranya Dirops Pangkalan Udara Adisutjipto, Perum LPPNPI (AirNav) Adisutjipto, Direktorat Keamanan Penerbangan, Otoritas Bandara Wilayah 3, Basarnas Yogyakarta, serta perwakilan dari unit Airport Operation Services,  Security, and Safety  PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta.
“Airport Security Committee Meeting adalah agenda rutin kami yang cukup penting karena isu-isu keamanan, khususnya di area bandara terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu” jelas General Manager Bandar Udara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama.
Saat ini jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto terus mengalami kenaikan. Untuk itu Airport Security Committee Meeting penting dilakukan dalam rangka menjaga jalinan komunikasi antar anggotanya, sehingga koordinasi di lapangan dapat dilakukan dengan baik.
Kegiatan dilanjutkan dengan Tabletop Exercise Airport Security and Safety. Yakni latihan simulasi penanggulangan dan penanganan keadaan darurat di bandara yang disimulasikan di atas meja, dengan diperagakan melalui miniatur (kendaraan, pesawat udara, personnel/orang).
Pada Airport Security Committee Meeting yang keempat ini simulasi dilakukan dengan mengambil tema pelatihan penanganan situasi Hijacking atau pembajakan pesawat.
Tabletop Exercise ini bermanfaat bagi komite keamanan bandara untuk memahami dan mempelajari jalur komando penanganan keakaan darurat di bandara. Meski simulasi tidak dilakukan secara langsung di lapangan,” ungkapnya.
“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan Airport Security Committee Meeting yang keempat dan Tabletop Exercise, pelayanan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dapat berjalan secara maksimal dan keamanan serta keselamatan para pengguna jasa dapat selalu terjamin,” jelasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI